Mengapa Kamu Perlu Segera Move On Setelah Putus Cinta?

pada 6 tahun lalu - by

Uzone.id - Dalam setiap hubungan pasti akan selalu ada kemungkinan untuk putus. Saat hal ini benar-benar terjadi, perasaan dan pikiran kamu tentu menjadi tidak terkendali. Marah. Sedih. Kesal. Semua campur aduk menjadi satu.

Meski demikian, kamu perlu segeramove onsetelah putus cinta. Memang, kamu sangat sulit melupakan pengalaman indah sekaligus pahit yang terjalin cukup lama saat pacaran, tapi bukan berarti kamu tidak bisamove on. Semakin cepat kamu melakukannya, hasilnya akan semakin baik untuk diri sendiri.

Sebaliknya, kalau tidak segeramove on, hal ini akan mengganggu fungsi emosional kamu. “Maksudnya, emosi menjadi tidak stabil dan akan mengganggu fungsi sehari-hari,” kata Tara de Thouars, BA, M.Psi, psikolog klinis di klinik Lighthouse, Jakarta Selatan, kepadaUzone.id.

Menurut Tara, sangat disayangkan bila hal itu benar-benar terjadi, karena sebagian besar orang juga pernah melewati fase yang sama di dalam hidup. Sehingga, putus cinta adalah hal yang normal dan semua orang dapatmove onjika memang memiliki niat yang kuat.

“Berbeda jika dalam hubungan tersebut banyak peristiwa-peristiwa yang traumatis, sehingga biasanya membutuhkan waktuhealingyang lebih lama,” ujar Tara.

Jika tidak segeramove on, beberapa hal merugikan lainnya juga akan terjadi pada kamu. Pertama, kamu akan membuang banyak waktu untuk mengharapkan orang yang ternyata bukan yang terbaik untuk kamu.

Kedua, tidak segeramove ondapat mengganggu konsentrasi, dan bahkan menghambat potensi diri sendiri. Hal ini sangat mungkin terjadi, karena pikiran kamu hanya fokus ke pasangan.

“Terakhir, hidup kamu hanya akan terpaku di masa lalu. Akan sulit bagi kamu untuk bahagia dan menata masa depan yang lebih baik,” ungkap Tara.

Jadi, agar kehidupan kamu tetap berjalan dengan baik, kamu perlu segeramove onsetelah putus cinta. Salah satu hal yang dapat kamu lakukan yaitu lebih fokus melakukan banyak hal yang bermanfaat untuk diri sendiri.