Mengapa Saya Harus Latihan Kardio?

pada 7 tahun lalu - by
Advertising
Advertising

Anda mungkin sudah mengenal atau bahkan berlatih kardio secara rutin. Tapi, tahukah Anda manfaat dari kardio selain untuk membuat penampilan lebih baik dan enak dilihat?

Secara spesifik. latihan kardio secara rutin dapat memberikan manfaat besar bagi kesehatan sistem kardiorespirasi, kemampuan jantung, paru-paru, dan pembuluh darah untuk berfungsi secara optimal, baik saat beraktivitas, atau beristirahat, untuk mengambil oksigen ke jaringan yang aktif sehingga dapat digunakan untuk proses metabolisme.

Latihan kardio, terutama latihan aerobik dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi, yang bisa langsung dirasakan pada minggu pertama Anda berlatih. Jika Anda sedang dalam pengobatan tekanan darah tinggi, Anda tidak dianjurkan untuk melakukan latihan dan menggunakan obat secara bersamaan. Jika Anda tidak memiliki tekanan darah normal 120/80 mm/hg, dapat menghindari resiko tekanan darah tinggi dengan rajin latihan kardio.

Latihan kardio ini membantu mengendalikan kolesterol darah. Dalam tubuh manusia terdapat dua jenis, yaitu LDL (Low Density Lipoprotein) yang biasa disebut kolesterol jahat, yang mengendap dan menyumbat pembuluh darah, dan HDL (High Density Lipoprotein) yaitu kolesterol baik, yang berfungsi menekan perkembangan LDL dalam darah sehingga mengurangi risiko penyumbatan pembuluh darah.

Latihan kardio memungkinkan tubuh menyerap oksigen lebih banyak, menghabiskan kesehatan paru-paru sehingga baik bagi penderita emfisema dan bronkitis kronis. 

Konsultasikan pada dokter tentang tipe latihan kardio yang aman untuk Anda, khususnya bila pernah memiliki cedera atau penyakit tertentu.

Jika Anda sudah lama tidak berolahraga, jangan langsung memaksa tubuh untuk berlari 3 km setiap hari. Lakukan dengan perlahan dan bertahap sampai kira-kira Anda bisa melakukan kardio 3 kali seminggu selama 45-60 menit. Selamat berlatih!

Kontributor: dr. Ade Tobing, SpKO – Dokter Spesialis kesehatan olahraga dari FKUI/RSCM