Mengenal ‘IRL Streaming’ yang Bikin Heboh, Gak Cuma IShowSpeed!

pada 3 hari lalu - by
Advertising
Advertising

Uzone.id– Istilah “IRL Streaming” belakangan ini mencuat ke permukaan. Semua dipicu dari kehebohan YouTuber asal Amerika Serikat, IShowSpeed saat mengunjungi beberapa kota di Indonesia seperti Jakarta dan Yogyakarta. Siapa yang masih bingung tentang IRL Streaming?

Memiliki kepanjangan In Real Life Streaming, IRL Streaming saat ini menjadi tontonan yang digandrungi masyarakat dan menjadi hal yang populer di kalangan kreator konten. Selain karena dapat berinteraksi secara langsung dengan audiens, kreator atau streamer dapat menunjukkan spontanitasnya secara nyata di depan para penonton.

IRL streaming kini diakui menjadi salah satu jenis genre yang sedang tenar dalam dunia streaming. Tidak seperti live streaming konvensional, jenis streaming ini dapat menangkap momen autentik dari kehidupan streamer.

 

 

Dimulai dari kehidupan pribadi seperti kegiatan memasak, menghadiri suatu acara, eksplor ke tempat yang baru, streaming tentang bakat atau hobi khusus, hingga sekadar mengobrol dengan penonton streaming. Biasanya, gaya produksi IRL streaming terbilang lebih sederhana dibandingkan dengan streaming game.

Adapun daya tarik IRL streaming terletak pada sifatnya yang “apa adanya” dan tanpa filter, sehingga dapat membangun kedekatan yang lebih personal antara streamer dengan penontonnya. Hal ini tentu dapat menciptakan rasa kebersamaan dan interaksi secara langsung.

Jenis-jenis Live Streaming

Selain IRL streaming, ada beberapa jenis live streaming yang juga gemar digunakan para streamer. Berikut daftarnya:

1. Gaming Streaming

Streaming jenis ini merupakan genre penyiaran yang paling banyak digunakan streamer di zaman sekarang. Streaming ini memungkinkan streamer untuk menyiarkan permainan video secara langsung dan disertai dengan interaksi dengan penonton melalui chat.

2. Events Streaming

Events streaming merupakan salah satu jenis streaming yang menyiarkan acara secara langsung seperti konser, konferensi, maupun festival. Genre penyiaran yang satu ini memungkinkan penonton untuk menyaksikan acara secara real time.

3. Educational Streaming

Pembelajaran hingga pelatihan juga lumayan digemari para penonton saat ini, dimana pengajaran dilakukan secara langsung dan instruktur dapat berinteraksi dengan peserta. Educational Streaming seperti webinar dan kelas online.

 

 

4. Fitness Streaming

Selain proses pembelajaran, olahraga juga dapat disiarkan secara langsung. Streaming jenis ini memungkinkan penonton untuk mengikuti kelas pelatihan fisik atau kebugaran dari rumah.

5. Music and Performance Streaming

Tidak hanya YouTuber atau streamer, musisi dan seniman juga dapat melakukan siaran langsung di beberapa platform streaming, agar dapat menjangkau penggemar mereka secara global. Jenis streaming ini termasuk konser secara virtual dan pertunjukan seni lainnya.

6. Live Shopping

Jenis live streaming ini merupakan kombinasi antara proses transaksi dan streaming, sehingga streamer dapat mempromosikan sebuah produk secara langsung dan penonton dapat berinteraksi, sehingga membeli produk saat siaran berlangsung.

7. Cooking Shows

Streaming jenis ini memungkinkan streamer untuk memasak secara langsung, menunjukkan teknik memasak hingga resep sebuah masakan. Disini, penonton streaming dapat belajar dan bertanya saat siaran berlangsung.

8. Talk Shows and Interviews

Format diskusi yang melibatkan tamu spesial. penonton streaming Talk Shows and Interviews dapat mengajukan pertanyaan secara langsung kepada pemateri dan berdiskusi melalui chat.

Tentunya, dengan beragam jenis live streaming ini, streamer dapat memilih format yang paling sesuai dengan penonton mereka, agar dapat menciptakan pengalaman interaktif yang menarik dan juga unik.

Selain IShowSpeed, ada sejumlah YouTuber terkenal lain yang ikut melakukan konsep IRL streaming dalam channel Youtube nya, antara lain:

MrBeast
Terkenal dengan video challenge dan amal, MrBeast juga pernah tercatat melakukan IRL streaming untuk mengumpulkan dana dan berbagai tujuan sosial. Channel MrBeast menggabungkan elemen hiburan dengan interaksi secara langsung dengan para penonton setianya.

Kai Cenat
Kai Cenat merupakan seorang streamer dan YouTuber asal Amerika Serikat yang dikenal dengan konten IRL streaming nya. Kai Cenat melakukan siaran langsung di berbagai lokasi, termasuk acara publik dan tempat-tempat menarik lainnya.

Atta Halilintar
Selain YouTuber asal luar negeri, YouTuber lokal juga tercatat telah melakukan streaming dengan konsep IRL streaming yang langsung terinspirasi dari gaya IShowSpeed.