Mengenal Lebih Dalam Tentang Sparkling Wine

pada 6 tahun lalu - by
Advertising
Advertising

Setiap orang tentu mengetahui bahwa sampanye berasal dari Prancis,cavadari Spanyol, danProseccodari Italia. Ketiga jenis anggur tersebut tergolong ke dalamsparkling wine. Lalu, apa yang membedakan antara satu dengan yang lainnya? 


Bazaarberbincang dengan ahliwinedari Moët & Chandon yaitu Jane Parkinson untuk membahas mengenai cara membedakan tiga jenis anggur tersebut. Lebih dalam lagi, ia akan membantu kita untuk mengetahui bagaimana cara pembuatannya, perbedaan rasa, dan makanan apa saja yang cocok disandingkan dengan segelaswine.

 

Apa perbedaan antara sampanye,sparkling wine,cava, danProsecco?


Begitu banyak perbedaan di antara jenis minuman tersebut, namun dua hal yang sangat perlu diperhatikan adalah daerah asal pembuatannya dan jenis anggur yang digunakan. Sampanye hanya diproduksi di daerah Champagne yang merupakan sebuah wilayah di timur laut Prancis.

Biasanya, sampanye dibuat dari anggurpinot noirdan/ataumeunier. Sementara itu,cavaberasal dari Spanyol. Meski bisa saja dibuat daripinor noirdanchardonnay, cava juga dihasilkan dari anggur lokal sepertiparelladadanxarel-lo. Lain halnya pula denganProsecco, minuman ini diproduksi di daerah timur laut Italia bernama Veneto dan menggunakan anggurglera.


Sparkling wineadalah istilah umum yang digunakan untuk menamai segalawineyang bersoda. Meski sampanye termasuk dalamsparkling winenamun perlu diingat bahwa tidak semuasparkling wineadalah sampanye.

 

Bagaimana proses pembuatan masing-masingwine?

Proses pembuatanwineadalah salah satu pembeda yang tak kalah penting. Sampanye dancavadibuat dengan metode ‘tradisional’ atau disebut juga dengan metodechampenoise.Wineakan melewati proses fermentasi kedua (setelah fermentasi alkohol) di dalam botol, sehingga karbon dioksida yang tercipta selama proses tersebut akan tetap berada di dalamwinedan membuatnya bersoda. Umumnya, metode ini juga menghasilkan minuman dengan buih yang tahan lebih lama.

Sementara itu,Proseccodibuat dengan menggunakan metodeCharmatatautank method. Artinya,wineakan melewati proses fermentasi kedua dalam sebuah tangki besar sebelum dimasukkan ke botol dalam tekanan. Anggur yang diproduksi dengan cara ini biasanya dibuat untuk segera diminum.

 

Apa yang membedakanwinedari segi rasa?

Anggur bersoda masing-masing memiliki rasa tersendiri. Jane mengambil contoh jenis anggurdry white. Sampanye sejenis Moët biasanya memiliki rasatoastydanbutteryyang khas dengan perisa buah sitrus. Sedangkancavabiasanya memiliki rasa asam yang distingtif, namun terkadang juga terasatoasty. SementaraProseccoumumnya beraroma wangi bunga dan memiliki rasa seperti buah pir.

 

Kapan saat yang cocok untuk menikmatiwine?

Menurut Jane, sampanye tidak harus diminum saat perayaan atau pesta besar. "Saya biasanya menikmati sampanye kapan saja, bahkan saat tengah malam," ujarnya.

Ia menambahkan,cavalebih sesuai untuk dinikmati saat piknik sebab anggur ini dapat diminum sembari menikmati berbagai macam makanan ringan.Proseccobiasanya disajikan semata-mata untuk segera diteguk, tidak untuk diresapi rasanya. Rasa buahnya yang khas membuat anggurProseccolebih cocok diminum saat pesta besar.  

 

Lalu, makanan apa saja yang tepat disandingkan bersamawine?

Berbicara soal makanan pendamping, sampanye sering kali dinomorduakan. Jane selalu menyarankan orang-orang untuk lebih sering menikmati makanan dengan segelas sampanye dan anggurrosé, sebab kedua jenis anggur ini amat kaya akan rasa. Misalnya saja dari pengalaman Jane, masakantuna carpacciodengan daun seledri bersama Moët Grand Vintage 2008 merupakan kombinasi yang sangat sempurna.


Proseccomemiliki rasa yang tidak terlalu manis, sehingga wine ini akan sangat pas bila disajikan bersama kue semacampanttone.

 

Bagaimana dengan keragaman empat jeniswineini?


Jane menjelaskan bahwa setiap anggur bersoda memiliki karakteristik yang distingtif, baik itu sampanye,cava, atauEnglish sparkling wine. Ada banyak macamwine, mulai daribone-dry, anggur putih, anggurvintage, anggurvintagekombinasi,wineyang dibuat dari campuran beberapa jenis anggur, dan masih banyak lagi. Oleh sebab itu, pembahasan tentang sparklingwinesangatlah luas dan menarik. Anda akan selalu menemukan jenis-jenis baru untuk dicoba, bahkan jumlahnya tak terbatas. 

 

BACA JUGA:7 Minuman Alkohol yang Dapat Merusak "Kecantikan"

BACA JUGA:9 Bahaya Minuman Beralkohol bagi Kesehatan

 

(Artikel ini disadur dariBAZAAR UK; Alih Bahasa: Erlissa Florencia; Foto: Courtesy of BAZAAR UK)