Mengenal Web Browser Pertama di Dunia, Usianya 30 Tahun

pada 4 tahun lalu - by
Advertising
Advertising

 

Uzone.id- Firefox, Chrome, Opera, merupakan tiga dari sekian banyak web browser yang masih eksis saat ini. Namun tahukah kamu, ternyata peramban web pertama di dunia ditemukan pada tahun 1990 oleh penemu internet.

Tim Berners-Lee merupakan penemu internet, yang mengungkap ide pertama kali pada 1989. Kala itu, dia mengungkapkan idenya membuat sebuah protokol di internet yang berfungsi sebagai sistem distribusi informasi. Kemudian pada 1990 dia menemukan World Wide Web (www).

World Wide Web kala itu memang ditujukan sebagai ruang digital atau ruang di dunia maya. Namun saat yang bersamaan, WWW juga berfungsi sebagai penjelajah website, sebelum akhirnya berganti nama menjadi Nexus. Berners-Lee mengganti nama WWW untuk peramban web guna menghindari kebingungan penyebutan istilah.

Kabarnya, sebelum menamakannya WWW, web browser temuan bapak internet dunia itu pernah diberikan sebutan lain. Berners-Lee pernah menyebutnya dengan nama The Mine of Information. Pernah juga disebut The Information Mesh. Tim Berners Lee menemukan World Wide Web (WWW) yang berawal dari kebutuhan untuk menyusun arsip dari riset-riset miliknya.

Browser web pertama itu dikembangkan Berners-Lee ketika masih bekerja di CERN, melalui komputer yang berjasa menemukan Internet, NeXT. Sukses dimunculkan pertama kali pada 25 Desember 1990. Lalu pada April 1993, source code browser itu di rilis ke publik.

Namun sayang, browser itu tidak memiliki umur yang panjang. Dalam waktu beberapa bulan setelah dirilis ke publik, tepatnya pada pertengahan Januari 1994, browser tersebut tidak mendapatkan pengembangan lagi sehingga penggunaannya pun disetop.

Tampilan browser pertama di dunia itu, memang cukup jadul kaerna menampilkan gambar dan website dalam bentuk rangka atau kolom. Namun protokolnya telah menggunakan FTP dan HTTP.