Mengintip Kondisi Bumi 80 Tahun Lalu Pakai Google Earth

pada dalam 36 menit - by
Advertising
Advertising

Uzone.id- Siapa yang suka mengotak-atik fitur menarik di dalam layanan digital seperti Google Maps hingga Google Earth? Tak hanya memberikan navigasi destinasi yang ingin dituju atau melihat kondisi area-area di berbagai dunia, tapi layanan digital ini juga bisa membawa kita mengintip masa lalu.

Google beberapa waktu lalu mengumumkan pembaruan fitur pada layanan peta digitalnya di Google Maps, Street View, dan Google Earth. Salah satu fitur menarik di Google Earth bernama ‘Google Historical Imagery’ yang mampu membawa pengguna ‘berkunjung’ ke Bumi hingga 80 tahun lalu.

Dengan kata lain, pengguna bisa melihat kondisi Bumi 80 taun silam melalui melalui database citra satelit historis.

 

 

“Untuk membantu orang memvisualisasikan perubahan ini dan mempelajari lebih lanjut tentang dunia di sekitar mereka, kami mengumumkan pembaruan baru untuk Google Earth dan Street View,” kata Senior Product Manager Google Maps, Stafford Marquardt dalam pernyataannya di Google Blog.

Marquardt menerangkan bagaimana fitur ini dapat menampilkan perubahan wilayah karena terpengaruh oleh manusia dan perubahan iklim.

“Mungkin Anda ingin kembali ke masa lalu, melihat seperti apa lingkungan tempat tinggal beberapa dekade lalu. Atau ingin memahami bagaimana hutan telah terpengaruh oleh aktivitas manusia dan perubahan iklim.” terang Marquardt.

ia menambahkan, “semua akan menjadi mungkin dengan historical imagery terbaru kami di Google Earth, di web dan ponsel, yang memudahkan penjelajahan library dari citra satelit dan udara kami, beberapa berasal dari 80 tahun lalu.”

Fitur ini diharapkan akan membantu banyak pelajar, peneliti dan organisasi dalam berbagai proyek. Sayangnya, hanya pengguna Google Earth Pro yang dapat mengakses fitur keren ini.

 

 

Bagi para pengguna Google Earth Pro, begini cara menggunakan fitur Google Historical Imagery:

  1. Buka aplikasi Google Earth Pro atau kunjungi situshttps://earth.google.com/web
  2. Arahkan titik ke lokasi yang diinginkan
  3. Tekan menu “Lihat”
  4. Centang kotak di samping “Citra Historis”
  5. Pilih ke tahun yang ingin dilihat
  6. Selesai, Google Earth akan menampilkan gambar citra Bumi di masa lalu

Selebihnya, Google juga mengumumkan akan memperluas Street View di dalam Google Maps untuk 80 negara. Tak lupa kesiapan untuk mempertajam gambar pada Google Earth dan Maps menggunakan model AI baru ke depannya.