Mengintip Situs Anies-Cak Imin, Prabowo-Gibran & Ganjar-Mahfud
Uzone.id– Euforia pemilu 2024 sudah semakin terasa seiring dengan masa kampanye dari tiga pasangan calon presiden dan wakil presiden yang telah berjalan selama kurang lebih sebulan. Menjelang akhir tahun 2023, ketiga paslon ini sama-sama memiliki situs sendiri yang dapat diakses oleh publik. Seperti apa ‘wajah’ situs para pasangan capres-cawapres ini?
Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Cak Imin), Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD kompak memiliki situs kampanye yang berisi visi misi, profil, hingga memamerkan pencapaian serta rekam jejak masing-masing.
Uniknya, ketiga situs ini mengusung konsep yang berbeda. Bahkan ada yang meminjam konsep media sosial seperti TikTok untuk tampilannya. Yuk kita intip satu-satu situs masing-masing capres dan cawapres.
1. aminajadulu.com
Pasangan Anies-Cak Imin menggunakan nama URL yang masih berbau slogan kampanye mereka, yakni “amin aja dulu”. Didominasi warna putih sebagai latar situs ini langsung menampilkan foto keduanya dengan tulisan besar “Amin 2024” dan misi “Menuju Indonesia Adil, Makmur, dan Sejahtera”.
Ada juga unsur warna lain seperti biru, hijau, dan jingga yang tampaknya mewakili warna khas dari tiga parpol pendukungnya, yaitu Nasdem, PKS, dan PKB.
Jika melihat menu dari situs ini, Anies-Cak Imin memiliki empat menu, yakniKenali Anies, Kenali Muhaimin, Program Kerja, danDukung AMIN.
Tak lupa di bagian tengah situs saat kita melakukan scrolling, pengunjung disuguhkan oleh dua profil mereka lengkap dengan animasi bendera Indonesia yang bergerak, Visi & Misi, ajakan bergabung sebagai pendukung AMIN, dan bagian bawah ada informasi semua laman media sosial Anies dan Cak Imin.
Untuk laman pendaftaran pendukung AMIN, situs ini mewajibkan pengunjung untuk memasukan data nomor WhatsApp, nama sesuai KTP, jenis kelamin, tanggal lahir, domisili, dan TPS.
Secara keseluruhan, situs aminajadulu.com bisa dibilang mudah diakses, warna cukup nyaman dilihat tanpa kebanyakan hiasan, journey pengunjung situs ini pun sederhana dan serba jelas – jika ingin membuka profil capres maupun cawapres, pengunjung akan tahu harus mengklik bagian mana.
Layout situs ini jugaweb-friendlydanmobile-friendly,artinya pengunjung mendapatkan pengalaman maksimal jika mengaksesnya dari perangkat desktop maupun ponsel.
2. prabowogibran2.id
Situs kampanye milik Prabowo-Gibran menggunakan domain .id dengan nama URL “prabowogibran2”. Saat membuka situs, pengunjung disuguhkan dengan foto paslon Prabowo dan Gibran mengenakan seragam khas mereka warna biru muda.
Kemudian di bagian tengah adashowcasefoto dan keterangan teks yang mewakili hal-hal yang sekiranya akan mereka perhatikan jika terpilih nanti, seperti harga jual produk petani, penghasilan buruh yang cukup, kesejahteraan guru, hingga layanan kesehatan yang merata.
Lalu di bagian bawah ada ringkasan visi dan misi keduanya yang berbunyi “Bersama Indonesia Maju: Menuju Indonesia Emas 2045”. Tak lupa di samping foto Prabowo-Gibran ada opsi untuk mengunduh visi dan misi paslon nomor urut 2 ini, serta deretan logo parpol yang mendukungnya.
Melihat dari menu utama situs ini, adaProfil Calonyang berisi profil capres dan cawapres;Tentang Kamiyang memberikan opsiVisi & MisidanHubungi Kamiyang isinya akun-akun media sosial prabowogibran2;Pertanyaan Umumberupa17 Program Prioritasdan8 Program Hasil Terbaik Cepat, jika keduanya diklik akan berisi pertanyaan-pertanyaan mendasar tentang dua hal tersebut;Program Kerjayang juga terdiri dari17 Program Prioritasdan8 Program Hasil Terbaik Cepat;Perjalanan Kamiyang berisi peta Indonesia dan sejumlah artikel dari media mainstream yang memberitakan Prabowo-Gibran.
Secara keseluruhan, situs Prabowo-Gibran juga cukup sederhana dan to the point, tidak bertele-tele, namun secara substansi, situs ini terasa “penuh” karena begitu banyak tulisan dan informasi yang dibagikan dengan panjang. Mungkin tujuannya agar semuanya jelas, ya. Namun, situs ini memang “apa adanya” saja, tidak ada yang istimewa.
3. ganjarmahfud03.id
Sama seperti Prabowo-Gibran, situs Ganjar-Mahfud memakai domain .id dengan nama URL “ganjarmahfud03”. Saat membuka situs kampanye ini, pikiran pertama yang langsung terlintas adalah konten-kontennya menyerupai tampilan TikTok.
Di bagian kiri laman situsnya, ada angka 3 sebagai nomor urut paslon Ganjar-Mahfud, kemudian misi “Gerak Cepat, Indonesia Raya Indonesia Unggul, Indonesia Lebih Baik!”.
Lalu ada deretan menu yang dapat diakses pengunjung, yaituHalaman Utama, Ganjar Pranowo, Mahfud MD, Karena Ganjar, Gen Z, Lapor, Pendekar Hukum, Kita GP-MMD, danVisi Misi.
Berbeda dengan Prabowo-Gibran dan Anies-Cak Imin, konsep situs Ganjar-Mahfud seperti memadukan tampilan media online dan medsos seperti TikTok. Pengunjung akan lebih banyak melakukanscrollinghalaman setiap habis mengklik menu yang dituju.
Penjelasan setiap menu pun dibagi ke dalam beberapa laman, jadi pengunjung memang harus rajinscrollinguntuk membacanya sampai selesai. Situs ini juga menyediakan mode Dark Mode dan Light Mode.
Sekilas, situs Ganjar-Mahfud bisa jadi terlihat kekinian dan berbeda, namun tampaknya tidak semua orang akan nyaman mengakses atau berlama-lama di situs ini jika tidak terlalu menyukai konsep “lamanscrolling” untuk membaca penjelasan tiap konten.
Dan bagi pengunjung yang tidak terlalu terbiasa dengan konsep ini, bisa jadi agak kebingungan untuk navigasi menu atau sekadar klik atas dan bawah.
Gimana menurut kalian, Uzoners?