Menuju Ramadan, Telkomsel 'Ramal' Kenaikan Trafik Internet 9,4 Persen

pada 2 tahun lalu - by

Uzone.id- Jelang Ramadan 2022, Telkomsel ungkap rencana dan juga persiapan jaringan untuk menghadapi momen Ramadan dan Idul Fitri di tahun ini yang diprediksi akan mulai banyak melibatkan kegiatan fisik.

Vice President Network Assistance, Security dan Operations CenterTelkomsel, Rahmat Novalianto, Kamis, (31/03/2022), memaparkan prediksi trafik data di Ramadan dan Idul Fitri 2022 (RAFI) akan meningkat sekitar 9,4 persen dari hari biasanya, dan meningkat 25,1 persen dari RAFI tahun 2021.

Sedangkan, trafikvoicediramalkan akan menurun sekitar 9,3 persen dari hari biasanya, dan 20,1 persen dari momen RAFI tahun lalu ke tahun ini. Ini diprediksi karena adanya perubahan pola trafik menggunakanpayloaddata.

Sedangkan, trafik SMS darinormal dayke bulan Ramadan akan meningkat sekitar 4,1 persen, namun dari RAFI tahun 2021 ke tahun 2022 menurun 28 persen.

Rahmat memprediksi kenaikan ini disebabkan oleh konsumen yang ingin mengucapkan dan mengirim kata-kata ucapan selamat menggunakan handset mereka yang belum canggih, di bawah smartphone.

Untuk prediksi Payload per Service, Telkomsel memprediksi adanya kenaikan di beberapa kategori, termasuk komunikasi sebesar 21,3 persen dari hari biasa, dan naik 20,3 persen di saat RAFI 2022.

Baca juga:Apa Kabar Harga Pulsa dan Paket Data Setelah PPN Jadi 11 Persen?

Kemudian, untuk kegiatan gaming juga naik 34,9 persen dibandingkan saatnormal day, namun diramal akan menurun dari momen RAFI tahun lalu sebesar 17,5 persen.

Dari sisi web, aktivitaspayloaddiprediksi meningkat 17,9 persen dari hari biasa dan meningkat 76,8 persen dari RAFI tahun 2021.

Lalu, untuk e-commerce, akan naik 18,4 persen dibanding hari biasa dan meningkat sekitar 63,8 persen dari RAFI tahun lalu. Rahmat mengungkapkan bahwa e-commerce ini memang tinggi peminatnya baik itu normal day dan di momen RAFI.

Penggunaan Video juga akan naik 15,3 persen dibanding hari biasa, dan 48,6 persen dibanding RAFI 2022. Situs-situs media sosial juga diprediksi naik 7,5 persen dari normal day dan 21,7 persen dari RAFI 2021 lalu. 

Terakhir, untuk kategori media, Telkomsel memprediksi bahwa kenaikan dari hari biasa akan mencapai 13,9 persen dan 31,2 persen dari RAFI tahun lalu.

Persiapan Telkomsel Siaga RAFI 2022

Director NetworkTelkomsel, Nugroho mengatakan bahwa, “Telkomsel Siaga RAFI 2022 ini dihadirkan untuk 2 tujuan, yang pertama adalah memastikan jaringan dan layanan Telkomsel secara maksimal mendukung dan memenuhi kebutuhan masyarakat serta pelanggan Telkomsel.”

Nugroho menambahkan, "mengingat bahwa RAFI ini dalam event puncak, tentunya harus ada kesiapan maksimal dari Telkomsel dari sisi jaringan, layanan dan penjualan dalam menyiasati lonjakan trafik data, trafic voice, dan sebagainya."

Tujuan kedua, agar Telkomsel bisa semaksimal mungkin memanfaatkan peluang yang ada dalam setiap event seperti RAFI 2022 kali ini.

Untuk memastikan jaringan tetap lancar di tengah kondisi pandemi yang mulai berangsur membaik, Telkomsel sudah meningkatkan jumlahPoint of Interest(POI) dari yang tahun lalu di bawah 300 POI menjadi 500 POI saat ini.

“Karena, dengan semakin baiknya kondisi pandemi, akan makin banyak orang-orang yang ingin bertemu secara fisik. Sehingga, secara otomatis ini akan mengakibatkan Point of Interest itu pun bertambah secara linear,” tambah Nugroho, Kamis, (31/03/2022).

Baca juga: PPN Naik Jadi 11 Persen, Gimana Nasib Harga Ponsel Samsung, Xiaomi dkk?

Telkomsel juga telah meningkatkan jumlah kapasitas jaringan dengan men-deploykurang lebih 169new site, 112capacity upgrade di related 4G site, dan 60 combat yang tersebar di 500 POI tersebut. Sebagian besar sebaran ini berada di sekitar area Jawa-Bali, disusul dengan Sumatera.

Selain itu, Telkomsel juga memaksimalkan pelayanan bagi konsumen baik online maupun offline secara 24 jam.

Sebagai leading mobile operatordan digital lifestyle enabler di tanah air, saya yakin teman-teman semua yang ditugaskan untuk mensukseskan Siaga RAFI 2022 ini sudah siap siaga,” tegasnya.

Ia juga mengatakan bahwa nantinya layanan ini akan dilakukan secara hybrid mostly online, karena terbukti selama pandemi kegiatan online ini berhasil dilakukan tanpa mengurangi kualitas layanan dan tentu akan disediakan posko-posko fisik di titik tertentu.

Dengan segala persiapan yang telah dilakukan, Nugroho yakin bahwa Telkomsel dapat memberikan layanan serta jaringan yang berkualitas sesuai dengan kebutuhan pelanggan selama RAFI 2022 ini.