Merek Mobil Listrik Vietnam Vinfast Mulai Bangun Pabrik di Subang

pada 9 hari lalu - by

Uzone.id-Produsen mobil asal Vietnam,Vinfast, melakukan peletakan batu pertama (groundbreaking) pabrik mobil listrik di Subang, Jawa Barat. Ini bentuk realisasi VinFast untuk mengekspansi pasar di Indonesia.

VinFastmenggelontorkan dananya pada tahap awal pembangunan pabrik senilai USD 200 juta atau Rp 3,1 triliun mulai tahun ini.

 

 

"Ini termasuk perakitan setir kanan yang dirancang khusus untuk pasar Indonesia," kata Vingroup Chairman's Senior Advisor and CEO of Vgreen Global Charging Station Jsc, Nguyen Duc Thanh dalam keterangan resminya.

Seperti diberitakan detikcom sebelumnya, VinFast menetapkan target awal investasi sebesar USD 1,2 miliar atau sekitar Rp 18 triliunan di Indonesia untuk jangka panjang.

Kapasitas pabrik VinFast mencapai 50 ribu unit per tahun dengan target penyerapan tenaga kerja sebanyak 1.000 hingga 3.000 orang. Menurut rencana, pabrik tersebut akan mulai beroperasi pada 2026.

Selain itu pabrik yang berdiri di atas lahan lebih dari 100 hektar ini akan menjadi basis produksi mobil VinFast untuk setir kanan. Pabrik ini diharapkan bisa membantu target Indonesia mencapai netralitas karbon.

Fasilitas pabrik VinFast akan mencakup beberapa area produksi utama seperti Body Shop, General Assembly Shop, Paint Shop area pengujian, dan lain-lain.

Subang kini mulai dilirik sebagai kawasan industri. Wilayahnya yang dekat dengan pelabuhan dinilai sangat strategis.

Apalagi, nantinya akan ada banyak industri di Subang sehingga bisa menghemat ongkos logistik. Selain itu, akses jalannya yang dekat dengan jalan tol Cipali juga bisa dibilang cukup strategis.

"Hari ini Subang kawasan yang sangat strategis, ada airport tidak terlalu jauh, pelabuhan, tol yang mendekatkan ke arah Jakarta," ujar Kepala Staf Kepresidenan, Jenderal TNI (Purn) Moeldoko.

 

 

VinFast menjadwalkan pabrik ini mulai beroperasi pada kuartal 4 tahun 2025 dan akan memproduksi model e-SUV versi kemudi kanan, termasuk seri VF 3, VF 5, VF 6, dan VF 7 untuk pasar Indonesia.

"Ini akan berkontribusi terhadap ambisi Indonesia 600 ribu mobil listrik pada 2030," jelas Nguyen Duc Thanh.

Saat ini VinFast sudah mengenalkan VF e34 dan VF 5 untuk pasar Indonesia.