Meta Bakal Sembunyikan 3 Konten Bahaya Ini dari Remaja

pada 4 bulan lalu - by

Uzone.id– Demi melindungi pengguna mudaInstagramdanFacebook, Meta akan mulai menyembunyikan konten-konten berbahaya dari feedakun mereka.

Pengumuman ini disampaikanMetapada Selasa, (09/01) dimana platform akan menyembunyikan konten-konten negatif seperti konten bunuh diri,self-harm(membahayakan diri sendiri), dan konteneating disorder.

Contohnya, ketika seorang influencer berbagi konten soalstrugglemental mereka dan informasi soalself-harm.Di satu sisi, konten ini memang berguna dan bisa menjadi edukasi bagi pengguna.

 

 

Namun, di satu sisi, konten seperti ini juga sering memancing pengguna muda untukself-diagnosisdan berakhir mengikuti tindakan berbahaya tersebut.

Dalam blog yang dibagikan oleh Meta, konten-konten dan akun yang tidak pantas seperti 3 konten tadi akan dihapus dan takkan direkomendasikan kefeedspengguna remaja, sekalipun konten-konten ini dibagikan oleh akun yang di-followoleh mereka.

“Kami ingin pengguna remaja memiliki pengalaman yang aman dan pantas di platform kami,” kata Meta, mengutip dariABC News, Rabu, (10/01).

Tindak penghapusan Meta ini dilakukan setelah banyaknya kritik yang diterima perusahaan mengenai bahaya Instagram dan Facebook bagi pengguna remaja. 

Salah satu kasus serius yang dihadapi oleh Meta adalah tuntutan orang tua dari seorang pengguna remaja yang meninggal karena terlalu banyak menonton konten-konten berbahaya di Instagram dan Facebook.

 

 

Walau tindakan Meta akan berguna bagi pengguna remaja, namun Meta tetap mendapat kritikan keras khususnya dari organisasi perlindungan anak-anak online.

“Kalau mereka bisa menyembunyikan konten pro-bunuh diri daneating disorder, kenapa mereka baru melakukannya tahun ini?” kata Josh Golin, direktur eksekutif grup perlindungan anak-anak, Fairplay.

Dengan aturan ini, pengguna remaja di Instagram dan Facebook akan mendapat aturan yang paling ketat di Instagram dan Facebook. Selain batasan konten, mereka juga akan diblokir dari hasil pencarian yang berbahaya.