Meutya Hafid Ditunjuk Jadi Menteri Komunikasi dan Digital

pada 7 jam lalu - by
Advertising
Advertising

Uzone.id– Setelah pelantikan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sebagai presiden dan wakil presiden Indonesia pada hari ini, Minggu (20/10), kini giliran jajaran menteri yang diumumkan. Prabowo menunjuk Meutya Hafid sebagai pengganti Budi Arie Setiadi. Menariknya, nama kementeriannya pun ikut berubah.

Prabowo tak perlu menunggu lama untuk mengumumkan menteri-menteri di dalam kabinetnya yang diberi nama “Kabinet Merah Putih”. Setelah dirumorkan beberapa sejak beberapa pekan lalu, nama Meutya Hafid akhirnya benar adanya menjadi salah satu menteri periode 2024-2029.

Menjadi salah satu dari 48 menteri yang diumumkan, Meutya Hafid akan memegang peran Menteri Komunikasi dan Digital yang selama ini dikenal dengan jabatan Menteri Komunikasi dan Informatika.

 

 

Kementerian Komunikasi dan Digital ini menjadi nama baru untuk pemerintahan Prabowo-Gibran, serta menjadi sejara baru bagi Meutya sebagai perempuan pertama yang menjabat posisi ini.

Nama Meutya Hafid sudah tak asing lagi di dunia politik maupun jurnalistik. Ia dulunya wara-wiri di layar televisi sebagai jurnalis sebuah media swasta. 

 

 

Lahir di Bandung pada 3 Mei 1978, Meutya adalah lulusan University of New South Wales Sydney, kemudian melanjutkan studi magister di Universitas Indonesia jurusan Ilmu Politik.

Setelah meninggalkan dunia jurnalistik, ia terjun ke dunia politik dan bergabung ke Partai Golkar. Ia menjabat sebagai anggota DPR RI sejak 2010.

Sebelum ditunjuk sebagai Menteri Komunikasi dan Digital, Meutya memegang jabatan sebagai Ketua Komisi I DPR RI sejak 2019 yang bertanggung jawab atas urusan pertahanan, intelijen, luar negeri, komunikasi, dan informasi.

Dari informasi yang dikeluarkan pihak Sekretariat Negara, pelantikan para menteri Kabinet Merah Putih periode 2024-2029 akan dilantik esok hari, Senin, 21 Oktober 2024.