Mirip Instagram Story, Status WhatsApp Kini Bisa Mention Teman

pada 4 hari lalu - by
Advertising
Advertising

Uzone.id —Pengguna WhatsApp akan semakin seru ketika menggunakan fitur Status. Kini, WhatsApp sedang melakukan uji coba yang memungkinkan pengguna menyebut (mention) kontak lain di status mereka.

Fitur ‘Status Tagging’ ini terinspirasi dari fiturmentiondi Instagram Story dan akan hadir di WhatsApp Android 2.24.6.19 versi beta. Hal ini pertama kali diumumkan oleh WABetaInfo dan sudah mulai muncul di beberapa pengguna dalam jumlah kecil.

Fitur ini memungkinkan pengguna untuk secara langsung melibatkan kontak tertentu dalam pembaruan status mereka dengan memberi tahu mereka melaluimentiondan notifikasi.

 

 

“Pengguna yang di-mentionbisa melihat status anda dan bisa membagikannya ke kontak mereka,” tulis WhatsApp dalam blog resminya.

Demi menjaga privasi pengguna, berbeda dengan Instagram Story yang bisa menampilkan akun yang di-mention, WhatsApp tidak akan menampilkan kontak yang di-mention ke orang lain. 

Nantinya, hanya orang-orang yang di-mention saja yang akan mendapat notifikasi dan mengetahui akun mereka di-tag. 

Dalam penjelasannya, ketika sebuah kontak disebutkan, mereka akan menerima notifikasi, sehingga memudahkan pengguna untuk berinteraksi dengan audiens yang dituju.

Sementara itu, WhatsApp mengatakan bahwa satu status bisa menyebut hingga 5 pengguna secara sekaligus. 

Pengguna yang di-mentionnantinya bisa melihat status meskipun dia tidak ada dalam list penonton, mendapatkan pesan bahwa seseorang menyebutnya beserta tautan ke status, dan bisa membagikan ulang konten status kepada pemirsa mereka sendiri.

“Ketika membagikan ulang status, kalian bisa mengedit konten status tersebut dan memilih opsi audiens sebelum membagikan status seperti biasanya,” tulis WhatsApp.

Untuk me-mention pengguna lain di WhatsApp, kalian bisa mengikuti cara-cara berikut ini:

  1. Klik Status, lalu pilih konten yang akan diunggah
  2. Setelah itu, klik ikon @ di bagian bawah layar
  3. Kemudian pilih kontak yang ingin di-mention (maksimal 5)

 

 

Setelah kontak disebutkan, mereka akan menerima notifikasi bahwa mereka telah disebutkan dalam pembaruan status. Selain itu, mereka akan menerima pesan dalam obrolan mereka dengan pengguna, yang menginformasikan bahwa mereka telah disebutkan dalam pembaruan status.

Penting untuk dicatat bahwa sebutan ini bersifat pribadi. Artinya, pemirsa pembaruan status tidak dapat melihat siapa yang telah disebutkan. 

Bagi pengguna yang enggan di-mention, WhatsApp juga memberikan opsi pada pengguna agar tidak ada kontak yang menyebutnya dalam status. Caranya dengan memblokir kontak atau mengarsipkan dan membisukan notifikasi chat dari kontak yang menandai kalian di Status.

Saat ini fitur tersebut masih meluncur secara bertahap ke pengguna Android. Karena uji coba bersifat random, kalian bisa saja mencoba melakukan update ke versi terbaru dan melihat apakah kalian bagian dari uji coba awal atau tidak.