Modal Minim Ingin Berbisnis? Begini Caranya

pada 8 tahun lalu - by
Advertising
Advertising


Kecilnya tingkat penghasilan seorang pegawai membuat bidang wirausaha semakin menarik. Tidak sedikit orang yang berpindah jalur karier dari pegawai menjadi pebisnis atau wirausaha, ada juga beberapa dari mereka yang merupakan lulusan muda.

Tetapi menjalankan suatu bisnis tidak semudah membalikkan telapak tangan. Anda memerlukan pengalaman yang mendukung, mental yang kuat serta finansial yang stabil.

Banyak dari ide-ide usaha cemerlang yang terhambat pada masalah finansial. Sebenarnya, kesuksesan suatu bisnis tidak sepenuhnya ditentukan oleh keuangan yang berlimpah, finansial tidak menjamin kelangsungan suatu bisnis. Jika Anda mempunyai modal yang kecil, tetapi tertarik untuk memulai bisnis sendiri, Anda dapat mempertimbangkan beberapa opsi di bawah ini

Bisnis dengan modal minim

Jualan Online

Perkembangan internet memungkinkan proses jual beli menjadi lebih efektif dan lebih mudah. Berbelanja melalui website online sangat diminati oleh konsumen karena cepat dan mudah. Konsumen tidak perlu secara fisik mengunjungi toko tertentu untuk melihat dengan dekat produk yang ditawarkan, cara pembayarannya pun sangat beragam.

Berkat faktor-faktor tersebut, banyak sekali pelaku bisnis yang mulai memasarkan produk mereka secara online. Mereka tidak perlu mengeluarkan modal untuk menyewa tempat serta pegawai karena administrasi dapat dilakukan sendiri. Marketing pun dapat dilakukan melalui online. Jualan online adalah opsi bisnis dengan modal sangat minim yang dapat Anda pertimbangkan.

Contoh bisnis online:

  • Bisnis makanan kecil (pempek, risol, lemper) khas Indonesia

  • Bisnis makanan kecil khas luar (donat, cupcakes, kue-kue)

  • Jualan fashion online (baju, sepatu, aksesori)

  • Jualan buku online

  • Jualan alat rumah tangga online


Berjualan dengan sistem tertentu

Sistempre-ordermemungkinkan anda untuk berjualan tanpa menggunakan modal, anda hanya perlu mengumpulkan pesanan orang-orang dan meminta uang sebagai deposito, kemudian gunakan uang tersebut sebagai modal untuk pembelian produk mereka. Pelunasan dilakukan pada saat konsumen menerima barang mereka. Sistem kedua yang dapat dilakukan adalah sistem konsinyasi, di mana produk yang anda hasilkan dapat dititipkan ke berbagai toko untuk dijual. Sistem konsinyasi menawarkan sistem bisnis kerja sama.

Modal untuk kedua sistem ini tidak banyak karena pada dasarnya anda tidak memerlukan lahan untuk barang jualan. Pada sistempre-order, Anda hanya perlu sedikit repot mengumpulkan gambar-gambar produk dari supplier. Pada sistem konsinyasi, Anda hanya perlu melakukan marketing ke toko-toko. Beberapa bisnis yang dapat dilakukan dengan kedua sistem ini adalah:

  • Bisnis fashion

  • Bisnis produk makanan

  • Bisnis alat kosmetik


Bisnis franchise

Bisnis franchise adalah salah satu opsi bisnis yang dapat Anda mulai jika hanya memiliki minim modal. Franchise tidak memerlukan modal yang banyak, karena bisnisnya yang sudah terkenal, kemudian dengan membayar biaya franchise, kebanyakan Anda telah diberikan suplai bahan dan alat, yang perlu Anda sediakan hanyalah tempat. Oleh karena itu, franchise tidak memakan modal banyak. Beberapa contoh bisnis franchise yang dapat dilakukan adalah:

  • Bisnis minuman (bubble milk tea, thai tea)

  • Bisnis makanan ringan (ayam goreng, hotang (hotdog kentang), kentang goreng)


Bisnis jasa

Bisnis jasa tidak memerlukan modal tinggi karena anda dapat mengandalkan kemampuan diri sendiri untuk melakukannya. Anda tidak perlu boros menanam modal untuk produksi barang. Bisnis jasa pun dapat dipasarkan melalui sistem online sehingga Anda tidak perlu menghabiskan uang untuk lokasi atau pekerja.

Beberapa contoh bisnis jasa adalah:

  • Bisnis catering makanan

  • Bisnis pembuatan website online

  • Bisnis jasa kecantikan


Bisnis sesuai dengan situasi

Bisnis ini tidak mengharuskan Anda untuk mempunyai modal yang banyak, Anda hanya perlu gesit dan pintar dalam membaca situasi serta kondisi. Sebagai contoh, jika Anda tahu bahwa musim akan mulai memasuki musim hujan, Anda dapat mulai berjualan payung atau jas hujan, atau dapat menjual minuman dingin pada tempat wisata yang terbuka dan non-AC.

Modal Bukan Masalah Utama dalam Berbisnis

Jangan jadikan modal sebagai alasan Anda tidak menyalurkan ide-ide bisnis yang cemerlang. Keberhasilan suatu bisnis bergantung pada kualitas pelayanan, serta uniknya produk Anda. Selain produk, Anda pun harus mempunyai mental yang kuat, karena setiap bisnis pasti akan mengalami masa yang buruk dan masa tersebut hanya dapat diatasi dengan persiapan dan perencanaan yang baik.



Berita Terkait: