Modal Rebadge, Yamaha Bakal Jualan Motor Listrik Buatan Honda

pada 19 hari lalu - by

Uzone.id- Yamaha Motor Co., Ltd dan honda motor Co., Ltd mengumumkan keesepakatan kerja sama pada 8 Agustus 2024 kemarin. Kesepakatan ini akan membuat Honda menjadi penyuplai motor listrik Yamaha sebagai produk OEM (Original Equipment Manufacturer) di Jepang.

Hasil dari kerja sama tersebut membuatYamahabisa me-rebadge duamotor listrikbuatanHondayakni EM1 e: dan Benly E: I.

Ternyata kesepakatan ini bukan baru saja dibuat, melainkan telah melalui proses yang sangat panjang. Tepatnya pada Oktober 2016 silam baik Yamaha dan Honda telah memulai diskusi soal kemungkinan aliansi bisnis di pasar sepeda motor buat kategori Kelas-1 di Jepang.

Kesepakatan ini dilakukan untuk mengatasi berbagai tantangan yang akan dihadapi produsen sepeda motor, termasuk kepatuhan terhadap standar keselamatan dan peraturan emisi yang semakin ketat, juga untuk elektrifikasi.

Terdapat beberapa diskusi utama dalam kerja sama ini, di antaranya:

1. Memasok model skuter 50 cc sebagai OEM
2. Pengembangan bersama/pasokan OEM model skuter bisnis 50 cc generasi berikutnya
3. Kolaborasi menuju pemasyarakatan sepeda motor listrik dalam kategori Kelas-1.

Berdasarkan diskusi tersebut, di Maret 2018 Honda mulai memasok model skuter 50 cc ke Yamaha sebagai produk OEM.

 

 

Kemudian di April 2019, Yamaha dan Honda bersama dengan Kawasaki Heavy Industries, Ltd. dan Suzuki Motor Corporation, mendirikan Swappable Battery Consortium for Electric Motorcycle untuk meramaikan motor listrik.

Konsorsium tersebut turut membahas kemungkinan untuk membuat standar baterai yang dapat ditukar dan sistem pertukarannya sebagai salah satu solusi mengatasi tantangan utama dalam meramaikan motor listirk.

Kemudian pad aMaret 2021, kerja sama ini telah mencapai kesepakatan untuk standarisasi jarak tempuh dan waktu pengisian daya.

 

 

"Menyusul inisiatif ini, Yamaha dan Honda telah sepakat bahwa Honda akan memasok model dalam kategori Kelas-1 ke Yamaha sebagai OEM, berdasarkan EM1 e: dan BENLY e: I, yang ditenagai oleh baterai Honda Mobile Power Pack e: yang dapat ditukar yang mematuhi spesifikasi umum. Melalui kolaborasi ini, kedua perusahaan akan terus menawarkan model sepeda motor listrik yang akan memenuhi kebutuhan lebih banyak pelanggan dalam kategori Kelas-1, yang merupakan kategori populer untuk mobilitas pribadi dan penggunaan bisnis," bunyi keterangan resmi di situs resmi Yamaha Motor.

Agar dapat mempopulerkan motor listrik di dalam kategori Kelas-1 di Jepang, Honda dan Yamaha akan meningkatkan jajaran produk mereka dan terus mengatasi tantangan di segmen tersebut. Salah satunya terkait jarak tempuh, waktu pengisian daya, kinerja, dan biaya.

Kerja sama antara dua pabrikan besar motor di Jepang ini dibuat sebagai upaya kontribusi pada terwujudnya masyarakat yang netral karbon.