MotoGP Akan Buat Aturan Baru untuk Tes Motor dan Jatah Ban

pada 2 tahun lalu - by
Advertising
Advertising

Uzone.id - Penyelenggara MotoGP sedang membuat aturan baru mengenai tes motor dan jatah ban dari setiap tim balap di kelas utama tersebut. Regulasi ini direncanakan bakal diterapkan dan berlaku pada musim balap 2024 mendatang.

Dilansir dari Speedweek, aturan ini dibutuhkan karena jumlah seri balap MotoGP semakin bertambah setiap tahunnya, di sisi lain jumlah sesi tes resmi semakin berkurang. Selain itu penyelenggara juga menghemat biaya dengan semakin sedikitnya tes resmi yang diselenggarakan.

Dengan semakin sedikit tes, tentunya membuat kerja pebalap tes semakin penting di dalam pengembangan motor.

Para pebalap nantinya hanya akan diizinkan untuk melakukan tes Valencia, Spanyol selama satu hari setelah final Kejuaraan Dunia.

Sementara itu untuk tes premusim direncanakan berlangsung selama tiga hari di Sepang, Malaysia. Kemudian terdapat tes dua hari di 2023 Portimao, Portugal dan 2024 di Doha, Qatar.

Selanjutnya untuk tes selama musim balap 2024 akan terdapat tiga hari tes lagi yang akan diselenggarakan.

Mengenai tes privat yang kerap dilakukan pebalap penguji dari masing-masing pabrikan juga lebih diperketat nantinya. Pebalap tes seperti Michele Pirro dari Ducati, Cal Crutchlow dari Yamaha, Stefan Bradl dari Honda, Lorenzo Savadori dari Aprilia, dan Dani Pedrosa dan Jonas Folger dari KTM tidak diperbolehkan tes dengan keinginan masing-masing.

Pada musim 2024 nanti, pebalap tes hanya diperbolehkan melakukan tes di tiga sirkuit saja selama satu musim. Kemudian tes rider diizinkan melakukan tes sebelum tanggal balapan, namun tidak boleh kurang dari dua pekan sebelum Grand Prix digelar.

Berikutnya mengenai aturan ban atau jatah penggunaan ban akan dikurangi dari musim sebelumnya. Pada musim 2024, setiap tim tes hanya diperbolehkan menggunakan 200 ban saja. Angka tersebut berkurang dari 240 ban yang diperbolehkan selama musim 2023.

Sementara untuk pebalap wildcard tetap akan mendapatkan 22 ban slick seperti belapa reguler lainnya. Lalu, untuk tes resmi di Sepang dan Lusail, pembalap reguler hanya diberi 20 ban slick, ditambah dua ban eksperimen.