Mudik 2018, "Contra Flow" Masih Diberlakukan di Jalan Tol Jakarta-Cikampek

pada 6 tahun lalu - by

Lawan arus ataucontra flowmasih diberlakukan di Jalan Tol Jakarta-Cikampek menyusul masih tingginya volume kendaraan yang melintas pada H-2 Lebaran atau Hari Raya Idulfitri. 

"Sejak Selasa 12 Juni 2018 malam sampai sekarang (Rabu pukul 12.00 WIB -red), Kakorlantas Polri masih memberlakukancontra flowdi jalan Tol Jakarta-Cikampek," kata Kapolres Karawang AKBP Slamet Waloya, di Karawang, Rabu 13 Juni 2018.

Contra flowmulai dari kilometer 37 hingga kilometer 66 dilakukan untuk menguraikepadatan di TolJakarta-Cikampek. Penyempitan jalan di kilometer 38 dari sebelumnya empat lajur menjadi tiga lajur itu menyebabkan penumpukan kendaraan arus mudik. Karena itu dilakukancontra flow.

Selain memberlakukancontra flow, pihak kepolisian juga melakukan sistem buka tutup di sejumlahrest areamaupunparking bayyang disediakan bagi para pemudik. "Buka tutup kami lakukan disejumlahrest areadanparking bay. Selain itu kami terus melakukan patroli agar para pengendara tidak istirahat di bahu jalan," kata Slamet seperti dikutip dari Antara.

Pemberlakuancontra flowdan buka-tutup menujurest areatersebut dilakukan untuk mengurai kepadatan arus lalu lintas mudik. Sementara itu, rekayasa lalu lintas juga dilakukan di jalan arteri, yakni dengan mengarahkanpemudik bersepeda motorke jalur khusus sepesa motor, Lamaran-Cilamaya-Cikalong. Sehingga pemudik bersepeda motor tidak melintasi simpang Jomin yang mulai padat pada Rabu pagi hingga siang.