Musim Hujan, Saatnya Mencoba Mode Berkendara di Mitsubishi XFORCE

pada 3 bulan lalu - by

Uzone.id-Belum lama ini kejadian sebuah mobil yang sampai terbelah dua gegaraaquaplaning. Musim hujan, permukaan jalan memang cenderung licin dan menimbulkan genangan, yang sangat berbahaya.

Karenanya, selain lebih waspada, ada baiknya juga mengaktifkan fitur mode berkendara yang ada di mobil, karena biasanya disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi jalan.

 

 

Seperti yang terdapat padaMitsubishiXFORCE, dimana tersedia 4 mode berkendara yang bisa dipilih hanya dengan memencet tombol yang ada di konsul tengah, di sebelah tuas transmisi.

4 mode berkendara tersebut yakni Normal, Wet, Gravel, dan Mud. Sesuai namanya, Normal untuk medan jalan yang umum, Wet untuk situasi hujan atau basah, Gravel untuk kondisi tanah atau kerikil, dan Mud untuk lumpur.

Pilihan mode berkendaranya akan tampil pada layar di dasbor sehingga memudahkan pengemudi memantaunya.

Cara kerja fitur canggih ini melibatkan pengaturan mesin, rem, dan power steering yang kemudian terintegrasi dengan kontrol traksi, kontrol stabilitas, dan Active Yaw Control (AYC).

Mode berkendaranya juga bukan sekedar gimmick. Mode Normal memang sebagian besar sering digunakan. Namun, ketika turun hujan di jalan tol, kami mengubah mode berkendara ke Mode Wet.

Hasilnya, traksi pada keempat rodanya terasa lebih lengket ke permukaan aspal meski sedang turun hujan dan permukaan jalan basah. Bahkan, beberapa kali melibas aquaplaning tidak membuat lajunya jadi liar.

Nah, kami pun berkesempatan untuk mencobamode Wetsaat mencoba mobil ini beberapa waktu lalu. Kebetulan memang sedang hujan dan kondisi di jalan tol.

 

Mitsubishimerancang setingan kontrol traksi dan respon pedal gas pada mobil untuk ditingkatkan saat pengendara memilih mode berkendara Wet.

“Drive mode enggak ada hubungannya sama transmisi. Tapi berhubungan dengan steering, throttle control, AYC, dan satu lagi rem. Itu semua akan terkalibrasi untuk tindakan preventif yang kita lewati di jalan mana pun,” jelas Rifat Sungkar, Pereli sekaligus Brand Ambassador Mitsubishi Indonesia.