Musim Hujan Tiba, Ini 5 Cara Merawat Mobil agar Tetap Sehat

pada 6 bulan lalu - by

Uzone.id-Musim hujan sudah tiba, terkadang banjir di mana-mana, jalanan yang sudah macet pun jadi semakin macet. Inilah saatnya kalian harus merawat mobil semakin rutin.

Apalagi, bodi dan sejumlah komponen mobil juga bakal sering terkena air hujan yang sarat dengan asam, sehingga kalau dibiarkan bisa menjadi pemicu karat.

 

 

Berikut adalah cara atau tips yang dapat kalian lakukan untuk merawat mobil selama musim hujan:

Jangan biarkan air hujan mengering

Segera cuci mobil untuk menghilangkan air hujan yang mulai mengering. Gunakan sabun pencuci mobil dan juga spons halus untuk menghilangkan bercak bekas air hujan. Air hujan yang dibiarkan mengering di bodi mobil dapat merusak lapisan cat dan akhirnya menyebabkan karat.

Periksa mesin mobil

Sebaiknya, periksa juga bagian mesin untuk membersihkan air-air yang masuk ke dalam. Jangan sampai air mengenai komponen-komponen yang ada di mesin dan membuat mobil mogok pada kemudian hari.

Menyemprotkansilicon spray

Beberapa bagian karet dan kaca rentan terpapar hujan dan panas. Supaya tidak cepat rusak, semprotkan cairan silicon spray pada bagian tersebut di mobil kalian.

 

 

Karpet untuk cegah jamur

Kaki penumpang rawan basah dan membasahi lantai mobil saat musim hujan. Untuk menghindari lantai yang cepat kotor, lapisi lantai mobil dengan karpet ekstra. Supaya mudah dibersihkan, gunakan karpet berbahan kulit sintetis/karet.

Parkir di garasi yang tertutup

Usai mencuci mobil, lekas masukan mobil ke garasi yang tertutup. Langkah ini untuk melindungi mobil dari hujan dan mencegah jamur saat air kering terkena sinar matahari langsung.