MWC 2019: Lupakan EfekBeauty, Oppo Pamer KameraZoom10x 48MP

pada 5 tahun lalu - by

(Foto: dok. Mashable)

Uzone.id-- Ada satu hal yang agaknya sering terucap oleh sejumlah pengguna ponsel pintar jika mendengar nama “Oppo”. Mereka langsung terbayang akan fiturBeautyyang begitu ampuh membuat hasil fotoselfiesuper cantik.

Alh-alih fokus pada fitur andalannya itu, Oppo justru memamerkan fitur lain yang jauh lebih menarik.

Oppo hadir di pameran teknologi Mobile World Congress (MWC) di Barcelona, Spanyol. Di MWC, Oppo memamerkan ponsel prototipe yang punya kemampuanoptical zoomsampai 10x.

Kamera yang diusung pada ponsel prototipe ini beresolusi 48MP dan lensa telephoto, masing-masing telah dibekali olehoptical image stabilization(OIS). Semakin canggih kemampuanzooming, maka kemampuan OIS semakin dibutuhkan agar hasilnya tetap stabil dan tidakblur.

Baca juga:MWC 2019: Ponsel Lipat Oppo Mirip Punya Huawei

Supaya gak bingung,optical zoomini pada dasarnya adalah fitur yang memudahkan pengalaman kita dalam berfoto.

Kalian pasti pernah ‘kan, mau foto objek dari jarak yang agak jauh, lalu tanpa disadari kalian men-zoomlayar dengan melakukan gerakanpinch. Walaupun gampang, tapi gambarnya sudah pasti gak jernih dan pecah, karena secara gak langsung itu adalahdigital zoom, bukanoptical zoom.

Nah, adanyaoptical zoomseperti ini, maka kalian tinggal klik aja opsi untukzoomingtanpa perlu mengurangi kualitas foto karena yang bekerja adalah lensa kamera. Khusus prototipe Oppo ini, hal menariknya adalah konsepnya seperti lensa periskop, banyak yang mengklaim pengalaman yang dihasilkan tetap maksimal.

(Foto: The Verge)

Baca juga:Kesan Pertama Menggenggam Oppo R17 Pro

“Terobosan baru ini membuat lensa yang bisa di-zoom secara optikal tanpa membuat lensa ala kamera DSLR yang besar dan maju ke depan, tapi dengan menyusun lensa menyamping,” ujar pemerhati teknologi Lucky Sebastian saat dihubungi olehUzone.id, Selasa (26/2).

Dia melanjutkan, “ini memudahkan orang tanpa berpindah tempat untuk bisa mendapatkan foto yang lebih dekat tanpa mengorbankan kualitas.”

Karena masih produk purwarupa, sejauh ini penamaan produk ini baru sekadar Oppo 10xlossless zoom. Sampai artikel ini diterbitkan, pihak Oppo Indonesia belum menanggapi hal ini.

MengutipThe Verge, produk Oppo yang mengusung kemampuan 10xlossless zoomini kemungkinan dijual di pasaran pada kuartal kedua 2019.