Nasib iPhone 16 Series Belum Jelas di Indonesia, Ini Kata Apple

pada 17 hari lalu - by
Advertising
Advertising

Uzone.id -Hingga kini belum ada tanda-tanda kemunculan iPhone 16, iPhone 16 Plus, iPhone 16 Pro, daniPhone 16 Pro Maxdi Indonesia. Muncul di situs TKDN Kementerian Perindustrian (Kemenperin) saja belum, apalagi dapat sertifikasi Postel dari Ditjen SDPPI Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo).

Dua syarat tersebut memang wajib dipenuhi vendor sebelum memasarkan perangkat telekomunikasinya di Indonesia. 

Angin segar didapatkan parafanboykala itu, tepatnya saat iPhone 16 Series melenggang resmi di pasar global. Beberapa saat kemudian, akun medsos resmi Erafone @erafonestores sudah posting teaser penjualaniPhone 16, 16 Plus, 16 Pro, dan 16 Pro Max di Indonesia. 

Tapi sudah, hanya sebatas itu saja postingannya. Belum muncul lagi unggahan baru terkait kuartet iPhone 16 Series ini di Indonesia. 

Pertanyaannya, iPhone 16 Series bakal dijual resmi di Indonesia atau enggak sih, Apple?

Disinggung pertanyaan tersebut - yang kebanyakan ditanyakan parafanboyjuga, Apple langsung angkat bicara. Kepada timUzone.id, Apple secara tegas menyatakan keinginannya untuk menghadirkan produk-produk terbaru, tak terkecuali rangkaian iPhone 16.

Hal tersebut, kata pihak Apple, menjadi salah satu komitmen besar mereka terhadap Indonesia. Apalagi, perusahaan juga telah berinvestasi dan memberikan dukungan kepada wirausahawan, kreator, dan ekosistem pengembang di tanah air.

"Kami memiliki komitmen yang besar terhadap Indonesia dan sangat antusias untuk segera menghadirkan produk-produk terbaru kami, termasuk rangkaian iPhone 16, kepada para pelanggan,” ujar perwakilan Apple.

“Kami bangga telah melakukan investasi yang signifikan dan terus bertumbuh, yang kami berikan demi mendukung wirausahawan, kreator, dan ekosistem pengembang yang penuh dengan semangat di seluruh wilayah Indonesia,” tegas pihak Apple.

Namun Apple tak mengungkap kapan pastinya mereka akan memboyong iPhone 16 Series secara resmi di Indonesia. Prediksi kami, kemungkinan terbesarnya adalah peluncurannya yang molor dari kebiasaan.

Ambil contoh seri tahun lalu - iPhone 15 Series. Semua seri mendapatkan sertifikasi TKDN pada 26 September 2023, dan muncul dalam database e-Sertifikasi pada 4, 5, dan 6 Oktober 2023. 

Setelah itu, barulah Erafone membuka keran pre-order pada 20 Oktober 2023, dimana penjualan perdananya diadakan 7 hari setelahnya. Itu artinya, butuh waktu setidaknya sebulan dari terbitnya sertifikasi TKDN hingga iPhone generasi terbaru resmi dijajakan di pasaran online dan offline. 

Jadi, kalau semua proses pengajuan sertifikasi, pengujian, hingga terbitnya sertifikasi berjalan lancar, paling telat banget kuartet iPhone 16 Series akan tersedia pada akhir November atau Desember tahun ini.