Neymar Gemilang, Brasil Melangkah ke Perempat Final

pada 6 tahun lalu - by

Tak ada kejutan di Samara Arena. Tak seperti tim-tim raksasa lainnya, Tim Nasional (Timnas) Brasil mampu melangkah ke babak perempat final Piala Dunia 2018 setelah mengalahkan Meksiko dengan skor 2-0, Senin (2/7/2018) malam WIB.

Neymar menjadi pahlawan Brasil dalam laga ini. Dia menciptakan gol pembuka timnya pada menit ke-51, kemudian mengkreasikan lesakan Roberto Firmino dua menit sebelum waktu normal berakhir.

Untuk pertandingan ini, Brasil menurunkan hampir semua pemain inti dalam formasi 4-2-3-1. Hanya Marcelo yang absen karena sempat mengalami cedera pada laga terakhir fase grup.

Begitu pula Meksiko. Pelatih Juan Carlos Osorio tetap mengusung sistem 4-3-3 dengan Carlos Vela, Javier Hernandez, dan Hirving Lozano sebagai trisula penyerang.

Dengan taktik menekan sejak area pertahanan lawan, Meksiko sempat mengendalikan permainan pada awal laga. Terbukti tak ada kans berbahaya dari Brasil dalam 20 menit pertama.

Baru pada separuh akhir babak pertama, Brasil keluar dari tekanan. Kreativitas Philippe Coutinho dan Neymar mulai muncul sehingga menghadirkan peluang bagiSelecao, tetapi Dewi Fortuna masih memihak Meksiko. Kiper Guillermo Ochoa tercatat sempat menggagalkan upaya Coutinho pada menit ke-32 dan Neymar delapan menit berselang.

Gelombang ancaman Brasil tidak menyurut setelah jeda. Bahkan, tiga peluang diciptakan mereka dalam enam menit pertama babak kedua. Yang terakhir membuahkan gol Neymar pada menit ke-51. Dia menyontek bola umpan mendatar Willian dari sisi kiri.

 

 

Willian kembali menjadi motor serangan Brasil. Dia bisa saja menggandakan keunggulan Brasil andai bola tembakannya tidak ditepis Ochoa ke atas mistar gawang Meksiko.

Meksiko merespons permainan Brasil dengan cukup keras. Pada menit ke-71, misalnya, Miguel Layun tertangkap kamera menginjak pergelangan kaki Neymar. Pemilik nomor kostum 10 di Timnas Brasil ini sempat terbaring, tetapi Layun selamat dari hukuman wasit. 

Respons Meksiko tidak cuma itu. Meskipun tidak sering, mereka sempat melancarkan ancaman dalam 15 menit akhir laga. Hirving Lozano dan Hector Herrera menjadi motor mereka. Namun, upaya pasukan Osorio selalu mentah sebelum mencapai kotak penalti Brasil.

Lagi-lagi Neymar mengambil peran. Dalam skenario serangan balik, dia berlari di sisi kiri dan melepaskan umpan mendatar. Di tiang jauh, Roberto Firmino yang masuk sebagai pengganti meneruskan bola untuk menggandakan kedudukan.

Lesakan Firmino sekaligus menjadi penutup pertandingan ini. Skor 2-0 mengantarkan Brasil ke babak perempat final. Mereka akan menantang pemenang duel antara Belgia dan Jepang yang berlangsung pada Selasa (3/7) dini hari WIB.