Ngetes Fast Charging Motor Listrik Alva, Seberapa Kenceng?

pada 3 jam lalu - by
Advertising
Advertising

Uzone.id- Alva sebagai salah satu merek motor listrik di Indonesia mengajak awak media untuk merasakan line-up terbaru mereka keliling Jakarta. Selain merasakan motor terbaru mereka, Alva juga mengajak awak media untuk merasakan langsung pengalaman fasilitas fast charging atau boost charge milik mereka.

Pada kegiatan ini, terdapat beberapamotor listrikunggulanAlvayang digunakan, mulai dariCervo, One XP, hingga Cervo Q Boost Charge. Alva Cervo Q Boost Charge adalah produk motor listrik mereka yang bisa diisi menggunakan fasilitas Boost Charge. Selain itu, produk yang satu ini juga telah mendapatkan suspensi yang lebih empuk, serta dilengkapi sistem keamanan rem ABS.

“ALVA telah membangun ekosistem kendaraan listrik yang memungkinkan pengguna berkendara lebih cepat, lebih jauh, dan lebih mudah tanpa mengesampingkan desain yang futuristik dan teknologi canggih. Dengan dukungan dari mitra kami seperti Pizza Hut Indonesia, Kopi Kenangan, Otoklix, dan GAIA Moto, kami ingin memastikan pengguna ALVA dapat mengisi daya dengan mudah dimana saja dan menikmati solusi mobilitas yang sesuai dengan gaya hidup modern," ujar Purbaja Pantja selaku CEO Alva, Jakarta, Selasa (8/10).

 

 

Perjalanan dimulai dari Alva Experience Center di SCBD, menuju Otoklix Simprug, Jakarta Selatan. Perjalanan ini membelah kemacetan Jakarta, mulai dari Sudirman, Bundaran Senayan, hingga Otoklix Simprug, Kebayoran Lama.

Kemudian perjalanan berlanjut menuju Ristorante Pizza Hut di Jalan Gatot Subroto untuk melakukan pengetesan pengecasan boost charge. Sesampainya di lokasi, Alva Cervo Q Boost Charge langsung dicolok ke stasiun pengisian daya baterai tersebut.

Saat pengisian daya, kedua kondisi baterai Alva Cervo Q Boost Charge berada di 0 dan 20 persen. Saat mulai pengecasan, terdapat estimasi waktu yang menunjukkan pengisian daya hanya membutuhkan waktu 1 jam 17 menit saja dari 20 persen hingga 100 persen.

Hanya membutuhkan waktu lebih kurangnya satu jam saja, kedua baterai Alva Cervo Q Boost Charge ini mampu terisi di 80 persen. Jarak tempuhnya pun bertambah 60 kilometer dibandingkan dari kondisi sebelum diisi dayanya.

Kemudian tim Uzone.id pun berkesempatan untuk menjajal Alva Cervo Q Boost Charge di etape perjalanan selanjutnya menuju ke Kopi Kenangan Cipete. Kesempatan ini pun digunakan untuk merasakan impresi berkendara dari varian tertinggi Alva Cervo.

 

 

Secara performa, sebenarnya Alva Cervo Q Boost Charge cukup mirip dengan varian sebelumnya. Namun beberapa hal memang terasa mendapatkan peningkatan, terutama suspensi dengan bantingan lebih manusiawi.

Suspensi barunya benar-benar bisa meredam kontur jalan yang tidak rata. Jalan bergelombang ataupun lubang sekalipun bisa diredam dengan cukup mudah, sehingga menambah kenyamanan berkendara.

Meski demikian, saat suspensi Alva Cervo Q Boost Charge menghajar lubang yang cukup dalam, masih tetap terasa bantingannya dan terdapat bunyi beberapa komponen yang bikin telinga cukup ngilu.

Sementara itu, sistem pengereman ABS pada Alva Cervo Q Boost Charge juga dirasa bekerja cukup efektif. Saat melakukan pengereman mendadak, sistem ABS akan aktif dan menghindari ban dari terkunci agar tidak tergelincir.

Menariknya lagi, Alva mengganti tombol sein pada Cervo Q Boost Charge yang lebih mirip dengan motor konvensional. Sehingga untuk mematikan sein di motor listrik ini cukup menekan di bagian tengah saja, berbeda dari model sebelumnya yang harus mengembalikan tombol ke bagian tengah secara manual.

Sesampainya di kopi kenangan, Alva juga telah menyediakan fasilitas boost charge untuk motor listrik mereka. Sama seperti di Ristorante Pizza Hut Gatot Subroto, fasilitas ini memiliki daya pengisian sebesar 4 kWh dan belum dipungut biaya kepada penggunanya.

Kemudian perjalanan berlanjut ke salah satu jaringan purnajual mereka yakni Alva GAIA Moto Jakarta di Jalan Antasari, Jakarta Selatan. Setelahnya awak media kembali lagi ke Alva Experience Center.

Sebagai informasi, Boost Charge Station bisa ditemui di beberapa area strategis, seperti di seluruh ALVA Experience Center (SCBD, Kelapa Gading, Bandung, Semarang, Surabaya, Bekasi, Gading Serpong), Kopi Kenangan Cipete Raya, Kopi Kenangan Ruko Joglo, Pizza Hut Indonesia Gatot Subroto, Pizza Hut Indonesia DanauSunter, McDonalds Ampera, dan GAIA Moto.