Nissan Bikin Cat Peredam Panas Kabin Mobil, Kabin Adem Bensin Irit

pada 4 bulan lalu - by
Advertising
Advertising

Uzone.id-Nissan dikabarkan sedang melakukan pengujian cat yang diklaim anti panas matahari. Fungsinya bisa mirip dengan kaca film, meredam panas kabin dan pastinya bikin konsumsi BBM irit.

Cat terbaru Nissan ini akan memantulkan kembali panas sinar matahari atau mampu menahan suhu panas sinar matahari tetap berada di luar mobil, dan membuat suhu di dalam mobil tetap dingin.

 

 

"Nissan memperkenalkan 'Nissan's Cool Paint Technology'," tulis Nissan di Youtube resmi mereka.

Untuk melahirkan teknologi cat terbaru, Nissan bekerjasama dengan Radi-Cool sebuah perusahaan yang memfokuskan pada teknologi pendingin radiaktif.

Cat Nissan ini dijelaskan ke depannya akan memiliki metamaterial-komposit sintetis yang mampu memantulkan dan mengalihkan sinar matahari.

Nissan telah melakukan pengujian sejak November 2023, di Bandara Haneda, Tokyo, yang diaplikasikan pada mobil dinas Nissan NV100, yang dioperasikan oleh layanan bandara All Nippon Airways (ANA).

Dipilihnya Haneda bukan tanpa alasan, karena bisa dipastikan bandara memiliki suhu panas yang tinggi.

Hasil awalnya cukup menjanjikan. Saat diparkir di bawah sinar matahari, kendaraan yang dilapisi cat dingin Nissan menunjukkan suhu permukaan eksterior lebih rendah hingga 12 derajat Celsius.

Begitu juga dengan suhu di dalam kabin, yang mengalami penurunan hingga 5 derajat Celsius lebih dingin daripada kendaraan dengan cat standar.

Kabin yang lebih dingin ini tidak hanya meningkatkan kenyamanan tetapi juga mengurangi kebutuhan akan AC dalam waktu lama, sehingga menghasilkan efisiensi bahan bakar yang lebih baik.

Begitu juga ketika diaplikasikan untuk mobil listrik, bisa membuat masa pakai baterai yang lebih lama dan irit konsumsinya.

 

 

Metamaterial cat bekerja melalui dua mekanisme utama. Pertama, ia memantulkan sinar inframerah dekat dari sinar matahari, mencegah penumpukan panas.

Kedua, ia memancarkan gelombang elektromagnetik yang menangkal dan mengalihkan energi matahari menjauh dari kendaraan.

Aksi ganda ini secara signifikan mengurangi penyerapan panas pada permukaan seperti atap, kap mesin, dan pintu.