Nomor WhatsApp Wagub DKI Dicuri, Ini Cara Memulihkannya

pada 3 tahun lalu - by

Ilustrasi (Foto: Jamie Street / Unsplash)

Uzone.id- Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria sempat mengumumkan lewat akun Instagram @arizapatria, milik Riza, pada Selasa (27/4/2021) bahwa nomor WhatsApp-nya telah dicuri, dan dipakai untuk penipuan.

WhatsApp telah memperingatkan "jangan pernah membagikan kode verifikasi WhatsApp dengan orang lain, bahkan kepada teman ataupun keluarga."

Kamu perlu memberi tahu teman dan keluarga jika kamu mencurigai ada orang lain yang menggunakan akun WhatsApp kamu karena orang tersebut bisa menyamar sebagai kamu di obrolan individual maupun di grup.

BACA JUGA:Penyebab WhatsApp Wagub DKI Jakarta Riza Patria Bisa Kena Hack

"Harap dicatat bahwa WhatsApp terenkripsi secaraend-to-enddan pesan disimpan pada perangkat Anda, sehingga orang yang mengakses akun kamu pada perangkat lain tidak dapat membaca percakapan kamu di masa lalu," kata WhatsApp.

Tips agar akun WhatsApp kamu tidak dicuri:

1. Jangan bagikan 6 digit kode registrasi yang kamu terima via SMS kepada orang lain

2. Gunakan dua langkah verifikasi

- KetukSetting > Account > Dua-langkah verifikasi

- Buat PIN. Itu saja!

3. Lindungi data kamu

- Izinkan hanya kontak kamu yang bisa melihat foto profil kamu.

KetukSetting > Account > Privacy > Profile Photo dan pilih "My Contacts"

- Berhati-hatilah kepada orang yang meminta uang lewat kontak kamu.

- Selalu hubungi kontak kamu untuk mengonfirmasi identitas mereka sebelum transfer uang apa pun


Cara memulihkan akun WhatsApp yang Dicuri

Masuk ke WhatsApp dengan nomor telepon kamu dan verifikasi nomor telepon dengan memasukkan kode 6 digit yang diterima melalui SMS.

Setelah Anda memasukkan kode SMS 6 digit, orang yang menggunakan akun kamu akan dikeluarkan secara otomatis.

Kamu mungkin juga akan diminta untuk memasukkan kode verifikasi dua langkah. Jika Anda tidak mengetahui kode tersebut, orang yang menggunakan akun kamu mungkin telah mengaktifkan verifikasi dua langkah.

Kamu harus menunggu selama 7 hari sebelum dapat masuk ke akun tanpa kode verifikasi dua langkah.

Terlepas dari apakah kamu mengetahui atau tidak kode verifikasi tersebut, orang yang menggunakan akun kamu akan dikeluarkan setelah kamu memasukkan kode SMS 6 digit.

WhatsApp memberi catatan jika kamu punya akses ke akun kamu dan mencurigai bahwa seseorang menggunakan akun kamu via WhatsApp Web/Desktop, kami sarankan untuk keluar dari semua komputer menggunakan telepon kamu.

Untuk melindungi akun kamu, WhatsApp akan memberitahukan ketika seseorang mencoba mendaftarkan akun WhatsApp dengan nomor telepon kamu.