Nyobain Transaksi Pakai QRIS di Bangkok, Ribet atau Praktis?

pada 1 bulan lalu - by

Uzone.id– Metode pembayaran Quick Response Code Indonesia Standard (QRIS) yang diluncurkan Bank Indonesia (BI) sudah bisa dipakai di sejumlah negara tetangga di Asia Tenggara, salah satunya Thailand. Saat mengunjungi ibu kota Negeri Gajah Putih, Bangkok, tentu kami tidak mau ketinggalan mencoba transaksi pakai QRIS. Seperti apa pengalamannya?

Satu hal yang pasti: jangan malas mencari. Mau bagaimana pun, pengunjung harus rajin mencari merchant atau toko yang sudah mendukung pembayaran melalui QRIS untuk menjajalnya. Dan hal ini bukan sesuatu yang dipamerkan di depan etalase.

Kebetulan hari itu kami sedang berkunjung ke Mall Platinum di Pratunam, Bangkok. Tempat yang sering dituju turis untuk belanja macam-macam, mulai dari baju, tas, makanan, hingga oleh-oleh khas Thailand.

Platinum memang mengingatkan kami terhadap mal seperti Thamrin City atau Mangga Dua, di mana tiap tenant atau toko itu jaraknya berdekatan dan menjual produk-produk serupa namun sering juga tidak sama, dengan harga yang mirip tipis-tipis, tapi tetap bersaing.

 

 

Setelah 20 menitan mengitari mal dan naik sampai ke lantai 5, kami iseng melihat barang pernak-pernik dengan gambar khas Thailand, yakni aksen gajah. Setelah memilih 5 bungkus dompet kecil dengan gambar gajah, kami iseng bertanya ke penjual dengan Bahasa Inggris yang kira-kira begini bunyinya, “Anda menerima pembayaran scan QR Code?”

Penjual perempuan berambut panjang itu menjawab, “iya, bisa.”

Kami meyakinkan kembali, “benarkah? QR Code dari Indonesia?”

Dia menjawab lagi, “ya, Indonesia bisa.” Ia pun menyodori papan kecil yang dilengkapi QR Code tersebut.

Kami langsung mengeluarkan ponsel dan membuka aplikasi e-wallet DANA, lalu klik di ikon ‘PAY’ di bagian tengah. Harus diperhatikan bahwa ponsel kita perlu terkoneksi dengan internet agar DANA dapat mengakses GPS ponsel dan membaca lokasi kita yang berada di Bangkok.

Lalu, kami langsung memindai QR Code tersebut, dan langsung muncul nama tokonya “MY GLORY” dengan total belanjaan 500 baht.Yup, kurs uang di DANA langsung otomatis berubah menjadi baht Thailand setelah aplikasi membaca kita sedang berada di Bangkok.

Setelah itu, masukan nominal belanjaan sebesar 500 baht, klik ‘Continue’, lalu ‘Pay’ sejumlah yang tadi diketik.Voila! Transaksi pun berhasil.

Secara garis besar, pengalaman transaksi pakai QRIS ini sangat praktis selama koneksi internet lancar. Tidak ada kendala yang berarti, hanya saja harus menemukan merchant atau toko yang sudah mendukung pembayaran QRIS.

Toko di mal seperti Platinum masih banyak yang memajang tulisan “Cash Only” di depan toko mereka, atau keterangan mereka menerima pembayaran via kartu (debit atau kredit). Jadi sebaiknya coba tanyakan terlebih dahulu untuk memastikan dukugan QR Code untuk transaksi.

Kami juga sempat mencoba memindai QR Code di stan minuman. Kebetulan merchant ini memang menyediakan QR Code di dekat kasir. Kami langsung memindainya dengan aplikasi DANA, dan kode tersebut terbaca.

Saat memasukkan nominalnya, kami tidak bisa melanjutkan proses pembayaran, alias gagal. Di aplikasi ada notifikasi “ada yang salah dari proses transaksi ini, silakan coba lagi.”

Kami menyimpulkan bahwa QR Code tersebut bukanlah untuk pembayaran QRIS. Kalau ada kejadian seperti ini, baiknya kita sebagai pembeli tetap menyiapkan uang tunai atau kartu kredit/debit untuk melunaskan pembayaran.

 

 

Nilai plus dari pembayaran QRIS di Bangkok adalah, kami tidak perlu repot mengeluarkan uang tunai untuk membayar dan meminimalisir uang kembalian. Bahkan saat memproses pembayaran di dalam aplikasi, ada keterangan rupiah dari kurs baht Thailand yang akan kita bayarkan, sehingga nominalnya lebih transparan.

Jika ke depannya makin banyak toko dan fasilitas umum serta rekreasi mendukung pembayaran QRIS, tentu kita sebagai turis tidak perlu repot-repot menukar mata uang rupiah ke baht. Makin praktis, deh!

Jika kami rangkum, begini langkah transaksi pembayaran pakai QRIS di Thailand:

  1. Buka aplikasi bank / pembayaran yang diinginkan (sesuai PJP yang bekerja sama)
  2. Scan QR Code Thailand
  3. Ketik nominal (sudah otomatis berubah jadi baht)
  4. Konfirmasi nominal dan tujuan pembayaran
  5. Masukkan PIN
  6. Selesai, transaksi berhasil

Seperti diketahui, per November 2023 BI mencatat ada delapan penyelenggara jasa pembayaran (PJP) yang melayani transaksi di Thailand via QRIS.

Pengunjung dari Indonesia bisa menggunakan aplikasi dari delapan PJP bank dan non-bank tersebut, yakni BCA, CIMB Niaga, BSI, DANA, Bank Mega, Bank Sinarmas, Bank Permata, dam BPD Bali. Jumlah PJP bank ini diakui BI akan terus diperluas.

Sedangkan itu ada enam merchant PJP Thailand yang menerima aplikasi pembayaran QRIS, artinya hal ini berlaku bagi bank mitra di Thailand yang terintegrasi dengan jaringan QRIS. mereka adalah Bangkok Bank, Bank of Ayudhya, Kasikorn Bank, Siam Commercial Bank, CIMB Thailand, dan Krungthai Bank.

Saat ini QRIS sudah ekspansi ke sejumlah negara lain seperti Singapura, Malaysia, Filipina, serta sedang direncanakan ‘terbang’ ke Jepang, Arab Saudi, dan India.