Olivia Zalianty: Karakter Pemimpin Bisa Dibentuk Lewat Pramuka

pada 8 tahun lalu - by

Ada banyak nilai yang bisa didapatkan dan dipelajari melalui kegiatan Pramuka. Tak heran, aktris Olivia Zalianty menilai kegiatan Pramuka dapat menjadi media yang tepat untuk menumbuhkan karakter pemimpin yang ideal.

"Kalau bicara Pramuka, itu menjadi bekal ke mana pun kita pergi," ujar Olivia saat ditemui dalam peluncuranTime Pleasebersama Disney dan Gerakan Pramuka Indonesia di Mal Gandaria City, Jakarta belum lama ini.

Melalui pramuka, anak-anak sejak dini dapat mulai mengenal banyak nilai yang penting dalam pembentukkan karakter seorang pemimpin. Beberapa di antaranya ialah gotong-royong, cinta tanah air dan peduli lingkungan.

Selain itu, melalui kegiatan berkemah hingga jurit malam, anak-anak Pramuka juga belajar untuk berani mengatasi rasa takutnya sendiri. Dengan begitu, sedikit demi sedikit, anak-anak akan tumbuh menjadi pribadi yang kuat dan pemberani.

Yang tak kalah penting, Olivia juga melihat bahwa kegiatan Pramuka mengajarkan anak-anak untuk bisa hidup rukun di tengah perbedaan dan juga menumbuhkan kecintaan akan budaya masing-masing. Saat melakukan Jambore Nasional misalnya, anak-anak dari seluruh daerah di Indonesia datang dengan karakteristik kedaerahan yang berbeda-beda. Meski berbeda, anak-anak dapat membangun interaksi yang hidup dan tetap menjadikan karakteristik daerah masing-masing sebagai bagian dari identitas.

"Jangan pernah diubah (karakteristik daerah masing-masing) karena itu kekuatan," lanjut Olivia.

Oleh karena itu, Olivia menilai kegiatan Pramuka dapat memberikan fondasi yang kuat bagi kepribadian seorang pemimpin. Dari kepribadian dan karakter yang baik, Olivia optimistis pondasi bangsa juga dapat terbangun dengan lebih kokoh lagi. "Buat saya, yang pasti pemimpin itu anak Pramuka," ujar Olivia sambil tersenyum.