Operasi Ketupat 2023, Agar Pemudik Gak Ugal-ugalan

pada 1 tahun lalu - by

Uzone.id-Kepolisian akan menggelar Oeprasi Ketupat 2023 untuk mengawal aktivitas mudik lebaran tahun ini. Operasi ini digelar untuk megantisipasi kemacetan dan memberikan pengamanan lebih saat musim mudik-balik lebaran 2023.

Direktur Penegakan Hukum Korlantas Polri, Brigjen Pol Aan Suhanan mengatakan, target operasi ketupat tahun 2023 ini adalah memberikan kenyamanan dalam perjalanan, sehingga perjalanan waktu tempuh yang semakin baik.

 

 

Selain itu, diharapkan bisa terciptanya Kamseltibcarlantas pada jalur arteri, tol dan wisata, memperlancar arus lalu lintas dan menurunkan jumlah fatalitas korban kecelakaan. Serta memastikan kelancarannya distribusi BBM dan logistik.

“Harapannya Polri tidak bisa bekerja sendiri. Kita harus mengelola dengan baik manajemen kelancaran dan keamanan mudik 2023,” ucap Aan, dikutipUzone.iddari website resmi Korlantas Polri.

Sedikitnya ada 148.211 personel gabungan yang akan diterjunkan dalam pengamanan arus mudik lebaran 2023. Serta ada 2.787 Pos Pelayanan, Pos Pengamanan dan Pos Terpadu disiapkan untuk 146.494 objek pengamanan seperti tempat ibadah, lokasi wisata, jalur mudik dan lokasi lainnya.

 

 

Adapun Operasi Ketupat merupakan operasi pengamanan rutin kepolisian untuk mengamankan perjalanan mudik dan balik selama momentum Lebaran agar aman dan lancar.

Kepala Divisi Humas Polri Irjen Sandi Nugroho menjelaskan bahwa Operasi Ketupat 2023 bakal digelar sejak H-7 Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah.

Berdasarkan data yang didapatkan dari Kementerian Perhubungan RI, jumlah warga yang melaksanakan perjalanan mudik diperkirakan mencapai 123,8 juta.