Oppo Reno12 Series 5G Tiba: Spesifikasi dan Harga di Indonesia

pada 6 hari lalu - by

Uzone.id -AI Phone besutan Oppo,Reno12 Series 5Gresmi melenggang di Indonesia. Tentu saja, fitur kecerdasan buatan (AI) jadi kelebihan dari keduanya. Namun, Oppo juga hadirkan spesifikasi yang andal untuk Reno12 5G dan Reno12 5G Pro, berikut detail lengkapnya.

Sebelum kita bahas tentang rentetan fitur AI di Oppo Reno12 5G dan Reno12 Pro 5G, ada baiknya sedikit mengenal fitur-fitur lain dari keduanya. Pertama desain, dimana keduanya mengusung tampilan yang berbeda dari sebelumnya.

Reno Series yang baru ini desainnya lebih elegan dari sebelumnya. Bentuk kameranya persegi panjang dengan tiga lingkaran kamera yang diposisikan vertikal,plusLED flash di sebelahnya. 

 

 

Keduanya tampilkan beberapa opsi warna.Oppo Reno12 5Gmemiliki warna Matte Brown dan Astro Silver, sedangkan versi Pro punya warna Space Brown dan Nebula Silver. Kecuali warna gelap, Oppo menerapkan desain Fluid Ripple, memberikan efek gradasi warna seperti air mengalir ketika bodi belakang terkena sinar matahari atau cahaya lampu.

Meski tampil ringkas, keduanya punya daya tahan bodi yang jempolan. Oppo Reno12 5G Series diperkuat oleh All-around Armour menjamin kekuatan rangka smartphone ini, baik sisi atas dan bawah, maupun sisi kiri dan kanan. 

Rangka ponsel ini berbahan dasar magnesium, tembaga, dan logam yang lebih tahan banting. Dan menariknya, Oppo menyematkan Sponge Bionic untuk melindungi komponen di bagian dalam. Alhasil, ponsel ini tahan terhadap benturan alias tahan banting.

Keduanya pun sudah mengantongi rating IP65 yang berarti tahan terhadap semprotan air bertekanan rendah dan terpaan debu. Klaimnya Oppo, keduanya tahan disembur water jet selama 3 menit dan hujan selama 60 menit.

Dan, layar Oppo Reno12 5G Series dilapisi kaca dari Corning. Oppo Reno12 Pro 5G sudah diberikan lapisan kaca Gorilla Glass Victus 2, sedangkan Oppo Reno12 5G dilindungi Gorilla Glass Victus 7i.

Lapisan kaca tersebut melindungi panel AMOLED 6,7 inci dengan resolusi Full HD+ yang mendukungrefresh rate120Hz, intensitas cahaya 1.200 nits, dan HDR10+.

Layar 6,7 inci yang didukung Splash Touch, membuat layar tetap responsif walau tangan basah. Didukung Bedtime Mode agar mata tetap nyaman saat menggunakannya di malam hari,” jelas Head of PR Oppo Indonesia,Arga Bima Jaksana Putra, dalam peluncuran Reno12 Series 5G di Jakarta, Rabu (31/7).

Prosesor rancikan khusus antara MediaTek dan Oppo disematkan pada Reno12 5G dan Reno12 Pro 5G. Adalah MediaTek Dimensity 7300-Energy, prosesor andal dan hemat daya untuk menopang seluruh proses pada keduasmartphoneini. 

Mediatek buat chipset khusus buat kita. Energy adalah seberapa efisiensinya pemakaian baterai dari chipset ini,” terangnya.

Prosesor tersebut disandingkan dengan RAM LPDDR4X 12 GB dan memori penyimpanan UFS 3.1 sampai 512 GB. Oppo Reno12 5G dan Reno12 Pro 5G juga disokong oleh baterai dengan kapasitas 5.000 mAh yang pengecasannya dibantu 80W SuperVOOC.

Oppo Reno12 5G dan Reno12 Pro 5G mengusung kamera 50 MP dengan sensor Sony LYT-600 yang didukungoptical image stabilization(OIS). Ada juga kameraultrawide8 MP, kemudiantelephoto50 MP khusus varian Pro dan makro 2 MP untuk model standar. 

Yang menarik, keduanya mempunyai kamera selfie 32 MP yang mendukung autofocus, ciptakan foto selfie yang lebih jernih.

Kamera Reno12 Series, secara fitur lebih lengkap dari sebelumnya. Text Scanner misalnya, bisa extract langsung ke PDF," ujar Arga.

 

 

Banyak fitur AI

Diplot sebagai ‘Oppo AI Phone’, wajar rasanya bila banyak fitur-fitur berbasis AI yang dihadirkan pada Reno12 5G dan Reno12 Pro 5G. Fitur AI ini gak cuma untuk editing gambar saja, yang berkaitan dengan urusan pekerjaan pun disuguhkan keduanya.

Ada AI Eraser 2.0, AI Best Face dan Clear Face, AI Studio, hingga AI Toolbox yang mencakup AI Writer, AI Summary, dan AI Speak berbasislarge language model(LLM). 

Yang menarik lainnya adalah fitur BeaconLink. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk menelpon sesama pengguna Reno12 5G Series tanpa pulsa atau kuota data, hanya mengandalkan transmisi Bluetooth BR/EDR dengan jarak maksimal 200 meter.

"BeaconLink bisa dijangkau sampai 200 meter, asal tidak terhalau oleh bangunan tinggi atau halangan lainnya," pungkas Arga.

 

 

Harga dan ketersediaan

Oppo Reno12 5G dibanderol dengan harga Rp6.999.000 untuk model 256 GB dan Rp7.999.000 untuk versi 512 GB. Sedangkan Oppo Reno12 Pro 5G hanya tersedia satu varian saja, yakni 12/512 GB dengan harga Rp8.999.000.