Osamu Suzuki, Mantan CEO Suzuki Motor Meninggal Dunia

pada 2 hari lalu - by
Advertising
Advertising

Uzone.id-  Suzuki Motor Corporation (SMC) mengumumkan, mantan CEO mereka, Osamu Suzuki telah meninggal dunia pada Rabu (25/12) waktu Jepang. Perusahaan baru mengumumkan kabar ini ke publik pada Jumat (27/12). 

Menurut pernyataan resmi perusahaan, Osamu Suzuki meninggal dunia pada usia 94 tahun akibat menderita penyakit limfoma ganas (malignant lymphoma), yaitu kanker kelenjar getah bening.

Mengutip dariJapan Times, Osamu Suzuki lahir pada 30 Januari 1930 di Gero, sebuah kota di Prefektur Gifu. Lahir dari keluarga petani, awalnya ia bercita-cita ingin menjadi politisi, namun seiring berjalannya waktu, ia pun memulai karirnya sebagai pegawai bank di tahun 1953.




Ia memulai karirnya di bisnis otomotif setelah menikah dengan Shoko Suzuki, cucu dari Michio Suzuki, pendiri dari Suzuki Motor Corporation. 

Ia bergabung dengan Suzuki Motor pada 1958, atau tiga tahun setelah peluncuran sepeda motor pertama, ColledaCOX 125cc dan mobil Suzulight 360cc yang menjadi cikal bakal era Kei Car—mobil kecil di Jepang. 

Selama di perusahaan, Suzuki menjabat beberapa posisi manajemen, sebelum menjadi presiden pada tahun 1978. Setahun setelahnya, Suzuki menjadi sosok penting dari peluncuran mobil mini Alto di Jepang yang dianggap telah membangkitkan kembali pasar Kei Car di dalam negeri.

Yakin kalau perusahaan bisa membangun pijakan di pasar-pasar kecil yang diabaikan merek-merek besar, Suzuki Motor memulai ekspansi globalnya dengan membangun basis produksi dari Pakistan hingga Hungaria. 

“Jika saya mendengarkan semua orang, itu akan membuat segalanya menjadi terlalu lambat,” katanya, dalam sebuah memoar berbahasa Jepang yang diterbitkan pada 2009.

Ia terus memimpin perusahaan selama lebih dari 28 tahun, menjadikannya sebagai pimpinan perusahaan otomotif global dengan masa jabatan terlama. Pada Juni 2015, ia menyerahkan jabatannya kepada putranya, 


Ia menyerahkan jabatannya kepada putranya, Toshihiro Suzuki pada Juni 2015 silam. Ia pun mengambil perannya sebagai Chairman dan CEO, meski harus mengundurkan diri setahun setelahnya.

Kini, Suzuki merupakan merek otomotif global. Menurut data terakhir yang dikumpulkan Bloomberg, Suzuki telah menjual sekitar 3,2 juta kendaraan di seluruh dunia pada tahun fiskal Maret 2024. 

Lebih dari separuh kendaraan tersebut terjual di India, dimana porsi terbesarnya dijual oleh lini perusahaan Maruti Suzuki.