Pakai 5G SA, Telkomsel & Ericsson Sukses Siarkan Upacara HUT RI di IKN

pada 3 hari lalu - by

Uzone.id —Pertama kali digelar di IKN dan Istana Negara, HUT RI ke-79 yang digelar pada Sabtu, (17/08) sukses digelar secara bersamaan, dimana Presiden Jokowi memimpin upacara di IKN dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin di Istana Negara.

Upacara HUT RI ini sukses disiarkan di seluruh Indonesia berkat salah satu teknologi yang diusung oleh Telkomsel dan Ericsson. Siaran ini diketahui memanfaatkan teknologi pembagian jaringan (network slicing) khusus yang memanfaatkan infrastruktur 5G Standalone (SA) terkini.

Dalam keterangan yang diterimaUzone.id,Sabtu, (17/08), kolaborasi antara Telkomsel dan Ericsson menjadi langkah strategis dalam mendemonstrasikan potensi teknologi 5G Standalone (5G SA) dan pembagian jaringan (network slicing) untuk menghasilkan jaringan dengan performa tinggi.

Dengan adanya teknologi ini, para broadcaster dapat memberikan layanan lebih cepat dengan tingkat keamanan tinggi dan kualitas layanan yang terjamin untuk memenuhi kebutuhan siaran nasional. Telkomsel pun mampu mengoptimalkan penggunaan sumber daya jaringan secara efisien, serta menyediakan berbagai layanan dalam skala besar.

 

 

Kemampuan 5G Standalone meningkatkan standar layanan 5G saat ini, hal ini terjadi karena kombinasi 5G SA dengan network exposure, otomatisasi, edge computing, dan pembagian jaringan (network slicing). Teknologi ini juga memungkinkan jaringan menjadi lebih fleksibel, pemisahan penggunaan data dan menyediakan konektivitas dengan kualitas yang terjamin. 

Tak sampai disitu, Ericsson juga menggaet Telkomsel untuk ikut berperan dalam mewujudkan Smart City di Ibu Kota Nusantara (IKN) dengan memanfaatkan teknologi 5G RAN dan Dual-Mode 5G Core dari Ericsson.

“Kami sangat senang dapat mendemonstrasikan teknologi 4G dan 5G terbaru di IKN bersama dengan Telkomsel dan Qualcomm, termasuk teknologi canggih seperti pembagian jaringan (network slicing) dan Dual-Mode 5G Core,” kata Head of Ericsson Indonesia, Krishna Patil.

Direktur Network Telkomsel, Indra Mardiatna mengatakan bahwa kolaborasi ini berperan penting dalam penerapan 5G Telkomsel, terutama dalam mengimplementasikan kapabilitas 5G Standalone (SA), yang tidak hanya akan menghadirkan layanan digital inovatif bagi pelanggan, tetapi juga mendukung penerapan Smart City di IKN. 

Menurutnya, kerjasama yang terus berlanjut dengan mitra infrastruktur dan teknologi, seperti Ericsson dan Qualcomm, merupakan langkah penting dalam memperluas pemanfaatan teknologi 5G di Ibu Kota Nusantara (IKN).

“Upaya ini juga selaras dengan visi dan misi Telkomsel untuk memberdayakan bangsa dengan memajukan teknologi, mendorong inovasi, dan mendukung inisiatif pemerintah dalam mempercepat transformasi digital di Indonesia,” tambahnya.

 

 

Kementerian Kominfo turut mengapresiasi keberhasilan Telkomsel dan Ericsson dalam menghadirkan layanan jaringan internet yang mumpuni sehingga upacara HUT RI terlaksana dengan lancar.

Kominfo juga berharap inisiatif ini akan mendukung visi pemerintah dalam mempercepat pembangunan infrastruktur digital yang akan mengokohkan posisi Indonesia sebagai negara dengan ekonomi digital yang maju. 

“Melalui uji coba teknologi 5G SA pada pita frekuensi 700 MHz dan 26 GHz ini, kami optimis bahwa teknologi ini akan meningkatkan kualitas layananmobile broadbandserta pengembanganuse case smart citydalam rangka membentuk fondasi yang kuat bagi kemajuan ekosistem digital Indonesia,” kata  Direktur Penataan Sumber Daya, Direktorat Jenderal Sumber Daya Perangkat Pos dan Informatika Kemkominfo RI, Denny Setiawan.

Dalam penyediaan teknologi 5G SA, Telkomsel juga disokong oleh Qualcomm dalam menghadirkan jaringan berkapasitas tinggi, latensi yang lebih rendah, dan internet berkecepatan tinggi.