Pakai Teknologi Baru, Biaya Perawatan Nmax Turbo Makin Mahal?

pada 6 bulan lalu - by
Advertising
Advertising

Uzone.id- Yamaha Nmax Turbo mendapatkan teknologi baru yang bernama Yamaha Electric CVT (YECVT). Dengan adanya teknologi baru di bagian CVT Nmax, kira-kira biaya perawatannya makin nambah enggak ya?

Ferry Nurul Fajar selaku Technical Information Service Education PTYamahaIndonesia Motor Manufacturing (YIMM) menyebutkan konsumen tidak perlu menambah biaya untuk perawatanNmax Turbo.

"Biaya servis CVT-nya Yamaha Nmax Turbo ini tidak bertambah, jadi masih sama saja seperti servis CVT pada umumnya di bengkel resmi. Hanya saja untuk membongkar Primary Sheave Assy membutuhkan alat khusus," ujar Ferry ketika ditemui awak media di Bogor, Jawa Barat, Jum'at (21/6).

"Kalau sekedar membersihkan saja, Primary Sheave Assy tidak perlu dilepas sehingga prosesnya sebenarnya lebih mudah. Jika perlu pergantian komponen, baru Primary Sheave Assy dilepas menggunakan special tool," lanjutnya.

Special tool ini digunakan untuk melepas Primary Sheave Assy yang terhubung dengan komponenYECVT. Jika tidak menggunakan special tools, maka terdapat grease yang bocor.

 

 

"Kalau dilepasnya secara asal tanpa special tools, nanti di dalam sliding screw assy itu ada grease. Nah grease nya itu bisa bocor, jika habis maka suara CVT akan kasar. Namun motor masih tetap bisa digunakan untuk berjalan," jelasnya.

Meskipun teknologi baru, menurut Ferry Yamaha Nmax Turbo tetap bisa dirawat atau servis di bengkel resmi maupun bengkel umum. Hanya saja dirinya mengingatkan jika tidak memiliki special tools, disarankan tidak membuka Primary Sheave Assy.

 

 

"Justru kan perawatannya lebih mudah, karena Primary Sheave Assy tidak perlu dibuka saat membersihkan CVT. Karena tidak ada roller dan piece slide, jadi Primary Sheave Assy masih terpasang langsung dibersihkan saja," jelasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya dengan adanya teknologi baru YECVT, Yamaha Nmax Turbo memiliki banyak tambahan fitur. Salah satunya adalah mode berkendara yang dapat dipilih antara T-Mode dan S-Mode.

Di sisi lain, pengguna Yamaha Nmax Turbo juga dapat meningkatkan akselerasi dengan menggunakan Y-Shift agar putaran mesin lebih responsif. Selain itu Y-Shift juga bisa diandalkan untuk melakukan deselerasi.