Pameran Teknologi IIXS 2024 Kembali Digelar, Ada IoT hingga AI

pada 19 hari lalu - by

Uzone.id— APJII (Asosiasi Penyelenggara Jaringan Internet Indonesia) kembali menggelar The 6th Indonesia Internet Expo & Summit (IIXS) 2024 pada 12-14 Agustus 2024 di JIEXPO Kemayoran, Jakarta.

Acara tahunan ini merupakan wujud APJII untuk mendukung transformasi digital di Indonesia melalui pameran dan eksibisi teknologi terkini seperti AI, cloud computing, IoT, Big Data dan lainnya. 

Acara ini juga diklaim menjadi pusat inovasi teknologi terbesar di Asia Tenggara saat ini dengan melibatkan lebih dari 700 eksibitor, 300 lebih pembicara yang kompeten di bidangnya, 3.000 delegasi dari lebih 20 negara, 30 workshop teknologi, dan menargetkan 20.000 pengunjung selama tiga hari.

IIXS 2024 juga menghadirkan lebih dari 1.500 Internet-enabled enterprise serta 1.022 perusahaan penyedia layanan Internet (ISP) untuk ikut dalam pameran teknologi ini.

 

 

Acara ini dibuka oleh Wakil Menteri Kominfo, Nezar Patria. Dalam sambutannya, Nezar mendukung dan mengapresiasi APJII yang telah memberikan wadah untuk mempertemukan berbagai hal penting dalam ekosistem digital.

“Pertama-tama saya mengapresiasi APJII yang telah menginspirasi dan memfasilitasi forum yang penting dengan mempertemukan berbagai hal terpenting dalam ekosistem digital. Forum ini menjadi tepat untuk berbagi ide, berkolaborasi guna menjawab tantangan digital,” kata Nezar dalam sambutannya, Senin, (13/08).

Ia melanjutkan bahwa saat ini, gelombang digitalisasi sangat pesat dan berdampak signifikan dalam berbagai bidang industri global. 

Kondisi ini terlihat dalam mayoritas perusahaan global yang telah mengadopsi teknologi terkini dalam operasional bisnis mereka seperti penggunaan Cloud Computing, AI, dan Next Generation Software sebagai teknologi yang paling banyak digunakan baik dalam tahapexperiment, pilotingmaupun pemanfaatan secara penuh.

Peningkatan angka adopsi teknologi ini selaras dengan naiknya potensi transformasi digital yang berjalan dengan cukup intens di Indonesia. Oleh karena itu, Nezar menyebut butuh kolaborasi dari semua pemangku kepentingan untuk mewujudkan transformasi digital yang inklusif.

“Transformasi digital adalah transformasi bangsa di masa depan. Dengan berbagai masukan, ide, inovasi yang tercipta semoga kita bisa memperkuat kolaborasi antar stakeholder, pemangku kepentingan,” tambah Nezar.

Muhammad Arif, Ketua Umum APJII turut menyampaikan bahwa IIXS 2024 merupakan bentuk keseriusan dan komitmen APJII dalam mendukung transformasi digital di Indonesia. 

 

 

“IIXS 2024 akan menggarisbawahi perkembangan teknologi di Indonesia, termasuk dari segi inovasi teknologi, infrastruktur Internet, solusi digital end-to-end, serta kaitannya dengan Visi Indonesia Emas 2045,” ujarnya.

IIXS 2024 tahun ini mengangkat tema “End-to-End Internet Solutions to Empower Connectivity” yang menggambarkan pentingnya solusi teknologi dan Internet end-to-end sebagai strategi untuk mencapai konektivitas kelas dunia demi memperkuat Visi Indonesia Emas 2045.

Beberapa sektor industri yang menjadi fokus dari diselenggarakannya IIXS 2024 ini mencakup 4G/LTE & 5G, Internet of Things (IoT), Satellite Technology, Cyber Security, Cloud & Data Center, Fintech & Innovation, Artificial Intelligence, Digital Solutions, Broadcast Technology, serta ICT & Enterprise Technology.