PasarPolis Raih Pendanaan Seri B, Investornya dari LeapFrog hingga Xiaomi

pada 4 tahun lalu - by
Advertising
Advertising

Ilustrasi. (Foto: Dok. PasarPolis)

Uzone.id- PasarPolis, perusahaaninsurance technology(insurtech) di Indonesia dan Asia Tenggara, mendapatkan pendanaan Seri B sebesar USD 54 juta. Angka tersebut dilaporkan melampaui target awal perusahaan.

Berdasarkan pernyataan resmi PasarPolis, para investor yang berpartisipasi antara lain seperti investor finansial global terkemuka seperti LeapFrog Investments dan SBI Investment, perusahaan modal ventura yang berfokus pada pasar Indonesia seperti Intudo Ventures dan AlphaJWC, serta perusahaan global Xiaomi.

Investor pada putaran Seri A juga kembali berpartisipasi dalam pendanaan kali ini. Sejak pendanaan Seri A pada Agustus 2018 lalu, PasarPolis telah mencatat pertumbuhan penjualan polis hingga lebih dari 80 kali lipat.

Selain itu, jumlah mitra strategis PasarPolis juga bertambah empat kali lipat dalam periode yang sama. Para investor kelas dunia yang terlibat dalam pendanaan ini mendukung visi PasarPolis dalam mendemokratisasi asuransi di Asia Tenggara melalui pemanfaatan teknologi.

Hasil pendanaan akan digunakan PasarPolis untuk terus mengembangkan produk perlindungan yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat lewat teknologi (artificial intelligence) AI dan big data.

Baca juga:Melihat Lanskap Investor Startup di Indonesia dari Kacamata CEO Bubu.com

PasarPolis juga akan terus meningkatkan penetrasi asuransi di negara-negara operasionalnya dengan memperluas jaringan keagenan yang kini telah mencapai 10.000 agen.

Founderdan CEO PasarPolis, Cleosent Randing mengatakan, “Dengan dukungan dari LeapFrog Investments sebagaiprivate equityterkemuka dunia, perusahaan global Xiaomi, serta para investor lainnya dengan keahliannya masing-masing, kami akan terus memajukan industri melalui inovasi dan pelayanan terbaik untuk masyarakat.”

Saat ini, tingkat penetrasi asuransi di ASEAN dinilai masih sangat rendah, yaitu sekitar 3,6 persen. Cleo menambahkan, “Kami yakin melalui kolaborasi dengan para investor lokal dan global terkemuka ini, PasarPolis mampu meningkatkan penetrasi asuransi di Asia Tenggara termasuk Indonesia melalui perluasan akses masyarakat terhadap produk asuransi yang inklusif, terjangkau, dan efisien.”

Posisi LeapFrog Investments sebagai pemimpin global dalamimpact investingakan mendukung komitmen PasarPolis dalam membuka akses asuransi seluas-luasnya, terutama bagi mereka yang sebelumnya belum memahami dan merasa tidak membutuhkan perlindungan asuransi.

Di sisi lain, keahlian teknologi Xiaomi akan membantu PasarPolis dalam menghadirkan asuransi secara lebih holistik dan mudah diakses lewatsmartphonedan perangkat lainnya, atau yang dinamakanmobile-first insurance.

Baca juga:Dicari Ide Segar dari Karyawan Telkom, Ikuti HACK Idea 6

Pada 2019, PasarPolis menerbitkan lebih dari 650.000.000 polis untuk masyarakat yang belum atau jarang menggunakan layanan asuransi, termasuk pengemudi ojek online, kurir pengiriman barang, dan pelaku UMKM online.

Melalui kolaborasi dengan lebih dari 30 perusahaan asuransi terkemuka di Asia Tenggara, PasarPolis mampu mengembangkan produk yang sesuai dengan berbagai macam kebutuhan masyarakat.

“PasarPolis telah menjadi jembatan antara asuransi dengan masyarakat, khususnya yang kurang paham dan belum merasakan manfaat layanan asuransi. Melalui pendanaan ini, kami akan terus melanjutkan misi tersebut baik di Indonesia, Thailand, maupun Vietnam tempat kami beroperasi,” jelas Cleo.

Menurutnya, pergeseran perilaku konsumen ke arah platform digital ditambah kesadaran berasuransi masyarakat yang meningkat terutama sejak pandemi COVID-19 membuat kehadiran insurtech semakin penting. Sementara itu, pendanaan Seri B yang dirah PasarPolis mendapatkan sambutan positif dari Kemenko Perekonomian RI dan Kementerian Komunikasi dan Informatika RI.