Pelanggan Rajin Gaming Saat Ramadan-Lebaran, Trafik Telkomsel Naik 12%

pada 8 bulan lalu - by
Advertising
Advertising

Uzone.id– Momen Ramadan dan Idulftri 1445 H telah usai. Perusahaan telekomunikasi Telkomsel baru-baru ini membagikan data mengenai lonjakan trafiknya selama periode Ramadan hingga Idulftri kemarin.

Telkomsel mencatat peningkatan trafik internet mencapai 12,87 persen dibandingkan hari biasa di tahun 2024, atau 15,08 persen lebih tinggi dari periode yang sama di tahun sebelumnya.

Secara rinci, lonjakan trafik ini dikontribusi dari layanan digital seperti mobile gaming sebanyak 78,51 persen, layanan pesan instan dan video konferensi 28,52 persen, video streaming 15,94 persen, e-commerce 15,77 persen, media sosial 14,07 persen, dan akses browsing 9,74 persen.

 

 

Sedangkan jika diurutkan berdasarkan layanan digitalnya, WhatsApp meningkat sebanyak 40,09 persen, Instagram 24,51 persen, TikTok 17,82 persen, YouTube 15,28 persen, dan Facebook 11,17 persen.

Berbeda dengan trafik layanan data, trafik layanan SMS mengalami penurunan 10,40 persen. Begitupun dengan layanan suara yang juga turun 18,52 persen.

Jika melihat dari daerah pelanggan, data Telkomsel menunjukkan 5 wilayah kota/kabupaten di Indonesia yang memiliki pertumbuhan trafik penggunaan data tertinggi, yakni Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat sebesar 57,42 persen.

Selain Tasikmalaya, urutan kedua ditempati Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah yang naik 55,25 persen, Kabupaten Ciamis sebanyak 54,48 persen, Kabupaten Garut naik 47,11 persen, dan Kabupaten Cirebon sekitar 34,49 persen.

 

 

"Kami mengucapkan terima kasih atas kepercayaan pelanggan menggunakan produk dan layanan dari Telkomsel. Kami terus berkomitmen untuk memastikan kesiapan jaringan di momen-momen besar keagamaan seperti Hari Raya, dan momentum penting lainnya yang membutuhkan keandalan layanan internet,” ungkap Vice President Corporate Communications & Social Responsibility Telkomsel, Saki Hamsat Bramono

Sebagai bentuk antisipasi dalam menghadapi lonjakan trafik ini, Telkomsel fokus pada pemutakhiran teknologi jaringan di 444 Point of Interest (POI) di berbagai wilayah Indonesia, memastikan ketersediaan produk dan layanan unggulan yang berfokus pada pelanggan, menghadirkan berbagai program promo produk layanan digital, hingga program loyalitas bagi setiap orang, setiap rumah, dan setiap bisnis.