Pembaruan di Apple Macbook Bermasalah

pada 7 tahun lalu - by

Mac buatan Apple adalah salah satu mesin komputer yang dibanggakan keamanannya. Hal ini lantaran Apple membuat lingkungan tertutup untuk pengembangansoftwaredanhardwareperangkat itu.

Dengan lingkungan yang tertutup ini, Apple bisa mendorong pembaruan keamanan lebih cepat dari sistem terbuka (open source).

Namun sebuah riset terbaru menemukan pembaruan keamanan Mac ini tidak bekerja seperti seharusnya. Hal ini terungkap dari penelitian perusahaan keamanan bernama System Duo.


Survei Duo terhadap 73.000 komputer Mac menemukan ada 4,2 persen di antaranya belum memakaifirmwareyang seharusnya. Bahkan di model seperti iMac 21,5 inci edisi 2015, ada sekitar 43 persen di antaranya yang tak memperbaharuifirmware.

Peretas malahan telah membuatmalwareuntuk memanfaatkan celah keamanan di Mac itu melalui serangan Thunderstrike, demikianGizmodo

Celah di komputer Mac ini bisa dieksploitasi ketika pemilik komputer memasang adapterethernetke lubang 'thunderbolt'.

Merespons temuan ini, Apple sudah mengetahuinya dan segera membenahinya. "Untuk memberikan pengalaman yang lebih aman, macOS High Sierra akan memvalidasi otomatisfirmwaresecara mingguan," kata Apple dalam pernyataan resminya, seperti dikutipReuters

Pentingnyafirmware

Firmwaresendiri merupakan piranti lunak bawaan di komputer yang keberadaannya tak kalah penting dari sistem operasi.


Firmwarepunya tugas untuk mengecek apakah hard disk dan prosesor ada di tempat dan memberi perintah kepadanya. Piranti ini bekerja ketika komputer dinyalakan.

Bedanya,firmwareini seringkali agak sulit untuk diperbaharui sistemnya. Alhasil vendor harus menyediakan update yang terpisah dari pembaruan sistem operasi yang lebih jamak.

Berita Terkait