Pemkab Banyuwangi Rangkul BIG untuk Perkuat SPBE

pada 23 hari lalu - by

Uzone.id– Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyuwangi di Jawa Timur bekerja sama dengan Badan Informasi Geospasial (BIG) dengan tujuan memperkuat Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE). Apa saja yang menjadi fokus dari Pemkab Banyuwangi?

Dari keterangan rilis Pemkab Banyuwangi, kerja sama ini akan fokus pada integrasi layanan Satu Peta di dalam layanan publik pemerintah setempat. Dari penjelasan Kepala BIG, Aris Marfai, saat ini BIG tengah mengembangkan Satu Peta versi 2 yang akan diakses oleh publik.

Layanan tersebut akan menjadi acuan untuk berbagai hal yang berkaitan dengan geospasial termasuk batas wilayah, rencana tata ruang wilayah, kawasan hutan, dan lain-lain. Saat ini, Satu Peta sudah mengintegrasikan 151 Informasi Geospasial Tematik (IGT).

 

 

“Dengan Satu Peta, kita bisa mempercepat proses pelayanan publik, khususnya yang berkaitan dengan perizinan dan layanan berbasis geospasial lainnya,” tutur Aris dalam keterangannya.

Sementara itu, Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani menyambut antusiasme kerjasama dengan BIG. Ia percaya bahwa kerja sama tersebut akan menjadi acuan bersama untuk meningkatkan pembangunan di Banyuwangi, dengan kejelasan batas wilayah dalam berbagai tematiknya yang akan mempercepat pelayanan kepada publik.

“Ini akan menjadi terobosan penting untuk memperkuat pelayanan pemerintahan di Banyuwangi. Dengan Satu Peta ini, baik antar instansi pemerintah maupun dengan masyarakat akan memiliki acuan bersama yang sama,” kata Ipuk.

 

 

Lebih lanjut, Plt. Deputi Bidang Pelayanan Publik Kemenpan RB Abdul Hakim turut mengapresiasi kerjasama antara BIG dan Pemkab Banyuwangi. Menurutnya, kerjasama ini akan semakin meningkatkan SPBE yang dicanangkan pemerintah, yang telah mencatat kematanganSPBEdari nilai B pada 2020 menjadi A pada 2022.

“Kerjasama ini sangat positif dan sesuai dengan visi pemerintah untuk transformasi pemerintahan digital Indonesia. Semoga ini menjadi contoh yang baik bagi daerah-daerah lainnya dalam upaya meningkatkan SPBE,” pungkas Abdul.