Penampakan Suzuki GSX-R untuk Ekspor, Pakai Mesin 125cc

pada 6 tahun lalu - by
Advertising
Advertising

Uzone.id- Ketika prosesi seremoni ekspor perdana All New Suzuki Ertiga dan Suzuki Nex II, di lokasi pabrik Suzuki di Cikarang, Jawa Barat, juga terpajang model lain untuk ekspor.

Ya, namanya khusus ekspor, jadi jangan harap akan dijual di Indonesia.

Nah, salah satu yang paling menarik adalah Suzuki GSX yang diproduksi lokal di Indonesia dan sekaligus menyuplai beberapa negara di dunia.

Khusus untuk ekspor, Suzuki menyematkan mesin 125cc untuk GSX-R, sedangkan yang dijual di Indonesia, mesinnya berkapasitas 150cc.

Secara tampilan, apa lagi bedanya dengan GSX-R yang dijual di Indonesia?

“Tentu ada penyesuaian. Salah satu yang paling besar adalah perbedaan mesin, disini 150cc, untuk ekspor 125cc,” ujar Marketing 2 Wheel Section Head PT SIS Banggas Frederik Pardede.

Selain itu, lanjutnya, Suzuki GSX-R yang diekspor sudah dilengkapi dengan rem ABS.

“Juga kalau diperhatikan, mika lampunya agak membulat, sesuai regulasi di luar, kalau yang disini kan serba lancip tuh. Itu doang sih bedanya, gak banyak,” tutup Banggas.

Kegiatan ekspor telah dimulai pada tahun 2012, di mana pada saat itu Suzuki untuk pertama kalinya mengekspor model Satria FU150, Smash FI, Nex, dan Let's dalam bentuk CBU. 

Kegiatan ekspor sepeda motor dalam bentuk CBU kembali dilakukan pada 2014 lewat model Adress dan tahun 2016 dengan model GSX Series.

Sedangkan ekspor sepeda motor dalam bentuk CKD dimulai pada 2012 dengan produk Shogun 125, Satria FU150, Raider (Youngstar), Thunder 125, Shooter, Nex dan Let's. 

Hingga September 2018, sebanyak 699.481 unit sepeda motor baik dalam bentuk CBU maupun CKD telah diekspor ke 39 negara.