Penjualan Mobil Merek Eropa di Indonesia, Januari-Mei 2020

pada 5 tahun lalu - by
Advertising
Advertising

BMW X1 (Foto: Uzone.id)

Uzone,id- Kenapa ya, orang Indonesia lebih memilih mobil merek Jepang dibandingkan Eropa. Padahal, mobil Eropa sudah tidak diragukan lagi kenyamanan dan keamanannya.

Citra mobil Eropa di Indonesia masih melekat kuat adalah harga jual kembali yang jauh lebih rendah dari mobil Jepang dan biayaservicelebih mahal dari mobil Jepang.

 

Meskipun, Renault sudah mengeluarkan Triber dan Kwid dengan harga Rp150 jutaan - Rp180 jutaan atau sekelas LCGC. Namun, mobil yang diimpor dari India itu rupanya butuh waktu panjang untuk meyakinkan konsumen Indonesia.

BACA JUGA:Ribuan Karyawan Daihatsu Tak Diperpanjang Kontraknya

Berdasarkan data Gaikindo, mobil merek Eropa di Indonesia sepanjang Januari - Mei 2020 tercatat tidak ada yang menembus 1.000 unit.

Wuling, merek asal China yang menjadirookiedi Indonesia, malah mencatat penjualan 1.814 unit (wholesale) dan 4.448 unit (retail) sepanjang Januari - Mei 2020.

Selain itu, Gaikindo mencatat penjualan seluruh merek mobil di Indonesia pada Januari - Mei 2020 sebesar 248.310 unit untukwholesale(pabrik ke diler),sedangkan retail (diler ke konsumen) sebesar 260.716. 

Toyota masih memimpin penjualan dengan 78.111 unit untukwholesaledan 81.769 unit untuk retail dengan penguasaan pasar 31,5 persen. Di posisi kedua Daihatsu dengan penjualan 49.443 unit (wholesale) dan 48.019 (retail). 

Begitu juga penguasaan pasar di Indonesia, mobil merek Eropa tidak ada yang menembus angka 1 persen sepanjang Januari - Mei 2020, seperti dijabarkan berukut ini:

1. BMW : Penjualanwholesalemaupun retail 758 unit (market share 0,3 persen)

2. Mercedes-Benz PC : penjualanwholesalemaupun retail 651 unit (market share 0,3 persen)

3. Mercedes-Benz CV - penjualanwholesalemaupun retail 342 unit (market share 0,1 persen)

4. Volkswagen : Penjualanwholesalemaupun retail 297 unit (market share 0,1 persen)

5. MINI : Penjualanwholesale136 unit dan penjualan retail 185 unit (market share 0,1 persen)

6. Peugeot : Penjualanwholesalemaupun retail 112 unit (market share 0,0 persen)

7. Renault Maxindo : Penjualanwholesalemaupun retail 72 unit (market share 0,0 persen)

8. Audi : Penjualanwholesalemaupun retail 14 uni (market share 0,0 persen)

 

VIDEO Test Drive Renault Triber, Begini Rasanya Mobil Murah Eropa?