Penjualan Sparepart Motor Honda Tembus Rp220 M, Apa yang Terlaris?

pada 7 bulan lalu - by

Uzone.id- Honda motor tentunya tidak hanya berjualan motor baru saja, namun suku cadang alias sparepart juga menjadi salah satu komoditi yang dijual. Bicara soal bisnis sparepart, berapa banyak pembelinya di tahun 2023 kemarin?

Data penjualan sparepart ini dikeluarkan oleh Wahana Makmur Sejati sebagai main dealerHondadi Jakarta-Tangerang. Berdasarkan data tersebut, komponen paling banyak dibeli konsumen adalah yang bersifatfast movingseperti oli mesin, kampas rem, dan beberapa komponen CVT.

Selama tahun 2023, Wahana Makmur Sejati mencatatkan penjualan oli mesin AHM Oil memiliki nilai transaksi sebesar Rp155 miliar di Jakarta-Tangerang. Angka tersebut meningkat hingga 3,76 persen dibandingkan penjualan tahun 2022 silam.

Sedangkan penjualansparepartmotor Honda di Jakarta-Tangerang selama 2023 mencapai Rp220 miliar. Penjualan sparepart Honda Genuine Part (HGP) tersebut meningkat 4,49 persen dibandingkan tahun 2022.

Henry Tulus selaku Head of Part Main Dealer Wahana Makmur Sejati mengatakan komponen paling laris sepanjang tahun 2023 adalah ban,drive belt, brake shoe, padset,danbattery.

"Data ini kami peroleh dari 308 jaringan bengkel Astra Honda Authorized Service Station (AHASS) yang tersebar di wilayah Jakarta-Tangerang," sebut Henry dalam keterangan resminya.

Henry pun berpendapat peningkatan penjualan sparepart motor Honda di Jakarta-tangerang di tahun 2023 kemarin menunjukkan kepercayaan konsumen yang tetap tinggi.

"Konsumen semakin cerdas karena menggunakan part original memiliki beberapa kelebihan, seperti lebih awet. Ini kembali ke salah satu kebutuhan konsumen itu sendiri, yakni keamanan. Bila sudah nyaman, konsumen akan makin percaya," jelasnya.

Pencapaian tahun lalu, ungkap Henry, tak terlepas dari berbagai program yang dijalankan oleh PT WMS sebagai Main Dealer sepeda motor Honda wilayah Jakarta-Tangerang.

“Misalnya join promo dengan AHASS dan Technical Service Department (TSD) PT WMS saat berlangsungnya AHASS event atau service visit. Kami juga memaksimalkan fungsi Service Advisor (SA) sebagai service marketing di AHASS,” paparnya.

Henry juga berharap dengan tren sparepart original yang semakin dipercaya dapat membuat penjualan HGP dan AHM Oil terus membaik.