Perbandingan Kamera 200 MP Samsung vs Realme vs Infinix, Bagus Mana?

pada 9 bulan lalu - by

Uzone.id- Begitu banyaksmartphonehebat yang muncul di pasaran. Ragam inovasi ditawarkan kepada pengguna, satu di antaranya adalah kamera. Adasmartphonedengan sensor kamera terbesar, dan ada juga ponsel pintar dengan sensor kamera 200 MP yang menawarkan gambar beresolusi tinggi.

Ada beberapasmartphoneyang mengusung kamera 200 MP di pasaran, mulai dari kelas menengah hinggaflagshippun ada. Beberapa di antaranya, dan kebetulan timUzone.idsudah menjajalnya adalah Realme 11 Pro+, Infinix Zero Ultra, dan Samsung Galaxy S23 Ultra.

Ketigasmartphoneini menggunakan sensor 200 MP dari Samsung ISOCELL, namun beda seri. Samsung Galaxy S23 Ultra memakai sensor paling bagus, tepatnya ISOCELL HP2 dengan ukuran 1/1.3” dan piksel berukuran 0.6 µm.

Kalau Infinix Zero Ultra pakai sensor ISOCELL HP1 dengan ukuran 1/1.22” dan piksel 0.64 µm. Beda lagi dengan Realme 11 Pro+, dimana ponsel ini memakai sensor ISOCELL HP3 dengan ukuran sensor 1/1.4” dan piksel berukuran 0.56 µm.

Ketiga kamera utama di masing-masing ponsel sudah didukung teknologi OIS (optical image stabilization), dan punya kemampuan untuk memotret di mode standar 12,5 MP, 50 MP, dan resolusi tertinggi 200 MP.

Dengan tipe sensor yang berbeda, ditambah proses pencitraan dan AI (artificial intelligence) dari masing-masing sistem kamera, serta jenis prosesor dan ISP (image signal processor)  yang berbeda pada setiap ponsel, bikin kami penasaran, kamera 200 MP mana yang terbaik?

Bukan cuma itu, lebih detail mana hasil gambar yang ditangkap Samsung Galaxy S23 Ultra, Infinix Zero Ultra, atau Realme 11 Pro+? Berikut perbandingan kualitas kamera 200 MP dari ketiga ponsel ini, berdasarkan review komprehensif yang timUzone.idlakukan.

Catatan perbandingan

Tiga ponsel yang kami gunakan untuk komparasi ini memang beda kelas, dimana Samsung Galaxy S23 Ultra adalahsmartphonetermahal dengan spesifikasi tertinggi dalam pengujian ini.

Smartphoneini ditenagai prosesor Snapdragon 8 Gen 2 for Galaxy dengan chip ISP Cognitive 18-bit pertama dengan fitur Semantic Segmentation. Berbekal chip dan fitur tersebut ponsel ini gak cuma bisa memotret di resolusi tinggi saja, tapi juga video 4K dengan kualitas Dolby Vision yang tajam.

Buat konfigurasi kameranya, Samsung Galaxy S23 Ultra dilengkapi dengan sensor 200 MP ISOCELL HP2 untuk kamera utamanya. Dipadukan dengan kamera periskop 10 MP dengan kemampuan 10xoptical-zoom, 10 MP sebagai kamerateledengan 3xoptical-zoom, serta kameraultrawide12 MP.

Sementara itu, Realme 11 Pro+ dengan prosesor Dimensity 7050 5G dari MediaTek punya ISP yang mendukungnya untuk memotret di resolusi 200 MP yang sesungguhnya. Selain itu, dengan teknologi MediaTek APU 550, proses pencitraan bakal dimaksimalkan berkat teknologi berbasis AI.

Bicara konfigurasi kamera, ponsel ini punya kamera utama 200 MP dengan sensor ISOCELL HP3 yang disandingkan dengan kameraultrawide8 MP dan kamera makro 2 MP.

Infinix Zero Ultra tak kalah keren sebenarnya, meski agak di bawah Samsung Galaxy S23 Ultra dan Realme 11 Pro+. Memang ‘hanya’ ditenagai Dimensity 920 dari MediaTek, tapi chipset ini sudah didukung ISP HDR-native yang dapat merekam video 4K berkualitas HDR juga.

Kameranya, sensor 200 MP ISOCELL HP1 sebagai kamera utama, kamera 13 MP untukultrawide, dan kamera lainnya dengan sensor 2 MP. 

Perbandingan kamera 200 MP

Butuh kesabaran, mungkin kata-kata yang pas buat ketiganya ketika memotret di resolusi 200 MP yang sebenarnya. Sekali tekan tombolshutter, jangan harap gambarnya langsung bisa dinikmati di galeri, lantaran sistem tengah memproses gambar selama beberapa detik, hingga akhirnya menampilkan foto di resolusi yang tinggi.

Samsung Galaxy S23 Ultra dan Realme 11 Pro+ menghasilkan gambar di resolusi yang sama, yakni 12.240 x 16.320 piksel, sementara Infinix Zero Ultra di resolusi 12.288 x 16.384 piksel yang lebih besar.

Ukuran foto di masing-masing perangkat berbeda-beda, tapi kisarannya kurang lebih sama, yakni rata-rata di atas 20 MB hingga maksimal di 70 MB, tergantung kondisi cahaya saat pemotretan terjadi.

Bicara kualitas, jepretan gambar dari Samsung Galaxy S23 Ultra dan Realme 11 Pro+ memilikitonewarna yang berkali-kali sama. Seperti gambar di bawah, warna yang ditunjukkan pada gambar terlihat seperti aslinya, meski kedalaman detail Galaxy S23 Ultra jauh lebih baik.

Rentang dinamis pada ponselflagshipSamsung juga lebih oke dibanding dua ponsel lain. Sementara Infinix Zero Ultra, cenderung menampilkan foto dengan intensitas cahaya yang lebih tinggi, tapi karakteristik warna langitnya agak mirip dengan Realme 11 Pro+.

Bagaimana kalau diperbesar? Kami memperbesar gambar sebanyak 20 persen, barulah terlihat perbedaannya di sini. Sensor ISOCELL HP1 pada Infinix Zero Ultra punya detail yang lebih rendah dibanding dua ponsel lainnya.

Hal ini kami wajarkan, karena ISOCELL HP1 adalah sensor 200 MP pertama yang rilis dua tahun lalu. Sedangkan detail dan ketajaman warna pada ISOCELL HP2 dan HP3, terlihat lebih baik.

Samsung Galaxy S23 Ultra

Realme 11 Pro+

Infinix Zero Ultra

Skenario foto lainnya, memotret dengan kondisi sinar matahari yang benar-benar terik. AI dan kamera Infinix Zero Ultra terlihat unggul di skenario foto yang agaktrickyseperti ini. 

Baik birunya langit, putihnya awan, gedung-gedung, dan dahan pohon, digambarkan dengan cukup baik oleh Infinix Zero Ultra. Warnanya pun pas, gak terlalu terang aliasover brightnessatau terlalu gelap karena menghadap sinar matahari langsung.

Warnanya pun terlihat natural seperti sebenarnya. Salah satu buktinya, warna merah muda di sisi kiri yang memang terlihat sama seperti aslinya.

Beda jauh dengan Realme 11 Pro+ yang malah kelihatanover, begitu juga dengan Samsung Galaxy S23 Ultra yang cenderung agak gelap dibanding dua ponsel lainnya.

Diperbesar 20 persen, Infinix Zero Ultra lagi-lagi unggul untuk urusan warna. Namun untuk kedalaman detailnya, Samsung Galaxy S23 Ultra lebih baik dari dua ponsel lainnya. 

Hasil mengecewakan didapat Realme 11 Pro+, lantaran gambarnya malah dirusak olehnoise-noiseyang benar-benar mengurangi kualitas foto secara keseluruhan.

Samsung Galaxy S23 Ultra

Realme 11 Pro+

Infinix Zero Ultra

Skenario lainnya yang kami uji adalah memotret objek berukuran cukup kecil dari jarak yang agak jauh. Skenario ini kami ambil untuk mengetahui seberapa dalam detail yang dihasilkan oleh masing-masing kamera.

Seperti gambar di bawah ini, mata kalian pasti langsung tertuju pada foto yang dihasilkan oleh Samsung Galaxy S23 Ultra.Smartphoneini menciptakan gambar dengan perpaduan warna, detail, rentang dinamis yang sempurna.

Sementara dua ponsel lainnya, lebih kepada kurang maksimal di beberapa poin. Infinix Zero Ultra agakover saturation, terutama pada bagian dedaunan di latar belakang yang seharusnya dibikin natural saja.

Warnanya terlampau terang, malah jadinya menghilangkan detail sesungguhnya dari daun tersebut. Sementara Realme 11 Pro+, agakover brightnessdi latar belakang, namun di bagian depan, warnanya hampir mendekati Samsung Galaxy S23 Ultra.

Kalau diperbesar 50 persen dengan memfokuskan pada objek pesawat di tengah, terlihat di sini ISOCELL HP2 begitu superior. Baik detail, pantulan dari warna silver di bodi pesawat, hingga warna dari baling-baling masih kelihatan sempurna. Gak adanoisesama sekali, patut untuk diapresiasi.

Realme 11 Pro+ pun cukup bagus, meski ada spotnoiseyang terlihat. Beda jauh dengan Infinix Zero Ultra yang detailnya terlihat buruk.

Samsung Galaxy S23 Ultra

Realme 11 Pro+

Infinix Zero Ultra

Foto lainnya, masalahover brightnessbegitu terlihat pada Realme 11 Pro+. Meski kami sudah mengatur titik fokus pada objek pesawat, sistem kamera masih belum dapat mengatasi sinar matahari berlebih dengan baik.

Infinix Zero Ultra agak baikan, meski hasilnya masih mengecewakan. Di sini, Samsung Galaxy S23 Ultra lagi-lagi lebih unggul, baik sebelum foto diperbesar maupun setelah diperbesar 50 persen.

Samsung Galaxy S23 Ultra

Realme 11 Pro+

Infinix Zero Ultra

Beralih ke skenario di dalam ruangan, cukup sulit memilih mana yang terbaik di antara ketiganya. Seluruhsmartphoneyang kami uji memberikan hasil gambar dengan detail yang baik, begitu juga dengan kualitas warnanya.

Diperbesar 50 persen pun, semua kamera yang kami jajal memperlihatkan detail yang baik dan minimnoise. Tapi kalau harus memilih mana yang paling oke, Samsung Galaxy S23 Ultra lagi-lagi lebih unggul.

Samsung Galaxy S23 Ultra

Realme 11 Pro+

Infinix Zero Ultra

Di sini kami wajarkan, lantaran kemampuan ISP, sistem kamera, prosesor, dan konfigurasi kamera yang jauh lebih baik dari dua ponsel lainnya. Realme 11 Pro+ juga tak kalah bagus, sementara Infinix Zero Ultra agak ketinggalan soal kedalaman detailnya.

Berikut ini beberapa foto 200 MP lainnya,pluscroppinggambar 50 persen untuk memperlihatkan seberapa bagus kamera canggih dari Samsung Galaxy S23 Ultra, Realme 11 Pro+, dan Infinix Zero Ultra:

Samsung Galaxy S23 Ultra

Realme 11 Pro+

Infinix Zero Ultra

Kesimpulan

Dari tes yang kami lakukan, jelas di sini kalau kamera 200 MP dengan sensor ISOCELL HP2 pada Samsung Galaxy S23 Ultra, punya kualitas di atas rata-rata dibanding ISOCELL HP1 maupun ISOCELL HP3.

Jenis sensor, tipe prosesor dan ISP yang disematkan di dalamnya, software kamera bawaan, memang jadi tiga faktor utama mengapasmartphone flagshipSamsung ini unggul dari dua ponsel 200 MP lainnya yang kami uji.

Maklum, Samsung Galaxy S23 Ultra sudah ditenagai Snapdragon 8 Gen 2 for Galaxy dengan ISP yang lebih baik. Sensor ISOCELL HP2 juga dirancang khusus oleh Samsung untuk ponselflagship-nya, dengan segalatweakyang disematkan oleh pabrikan asal Korea Selatan itu.

Namun bukan berarti Infinix Zero Ultra maupun Realme 11 Pro+ jelek. Tidak juga, karena keduanya pun sama-sama menghasilkan gambar dengan detail yang bagus, meski penanganannoise-nya berbeda satu sama lain.

Tapi yang jelas, keduasmartphoneini membuktikan kalau teknologi baru gak selalu berkaitan dengansmartphone flagshipdengan harga selangit. Ponsel menengah ke atas dengan harga lebih murah pun sudah bisa mengadopsi inovasi baru, terutama di sektor kamera yang perkembangannya begitu pesat.Well, mana favorit kalian nih Uzoners?