Perluas Elektrifikasi Kendaraan, Toyota Luncurkan All New Prius

pada 6 hari lalu - by

Uzone.id- Setelah lama dinanti, legenda hidup mobil hybrid di Tanah Air, Toyota Prius kembali dihadirkan generasi terbarunya oleh Toyota Astra Motor di ajang GIIAS 2024.

Peluncuran Toyota All New Prius tersebut merupakan realisasi komitmen Beyond Zero, sebagai implementasi Multi Pathway Strategy.

 

 

Tersedia dua pilihan, yakni All New Prius HEV (Hybrid Electric Vehicle) serta All New Prius PHEV (Plug-in Hybrid Electric Vehicle).

“Selaras dengan target Net Zero Emission 2060 Pemerintah Indonesia, PT Toyota-Astra Motor (TAM) melalui Beyond Zero bertujuan untuk mempercepat pengurangan emisi dan memberikan kontribusi positif terhadap lingkungan, dengan Multi Pathway Strategy melalui berbagai jenis teknologi elektrifikasi dan penggunaan energi terbarukan dalam mendukung mobilitas berkelanjutan,” jelas President Director PT. Toyota-Astra Motor (TAM), Hiroyuki Ueda.

Sebagai pioneer dan ikon mobil hybrid di dunia, All New Prius Generasi ke-5 tampil dengan progressive design sebagai representasi pengembangan teknologi elektrifikasi Toyota.

Penggunaan platform TNGA-C generasi kedua membuat center of gravity mobil menjadi lebih rendah yang meningkatkan handling serta kualitas berkendara. 

Dikombinasikan dengan Toyota Hybrid System terbaru dengan akselerasi memuaskan dan responsif, sambil tetap mempertahankan tingkat efisiensi bahan bakar. 

Versi Indonesia akan menggunakan mesin hybrid 2ZR-FXE serupa milik Corolla Cross HEV, dengan konfigurasi 4 silinder segaris 16 Valve DOHC VVT-i berkapasitas 1.800 cc.

Toyota mengeklaim penggunaan platform TNGA-C generasi kedua membuat center of gravity jadi lebih rendah. Hal ini berdampak pada peningkatan handling serta kualitas berkendara. 

Dikombinasikan dengan Toyota Hybrid System terbaru dengan akselerasi memuaskan dan responsif, sambil tetap mempertahankan tingkat efisiensi bahan bakar. 

Untuk harga, Toyota mamasarkan Prius Hybrid sebesar Rp 698 juta on the road (OTR) Jakarta.

Vice President Director PT. Toyota-Astra Motor (TAM), Henry Tanoto mengatakan, sangat berterima kasih atas tanggapan positif pengguna Toyota Hybrid yang mengapresiasi efisiensi bahan bakar, pengalaman berkendara yang memuaskan, fitur safety dan comfort canggih, serta nilai jual kembali yang memberikan peace of mind. 

“Kami sekali lagi memperluas opsi kendaraan elektrifikasi Toyota dengan me-launching All New Prius HEV, dan berencana menambah lebih banyak model elektrifikasi ke depannya sebagai opsi kendaraan ramah lingkungan. Termasuk berkomitmen untuk memperluas jajaran Plug-In Hybrid EV sebagai model yang mampu mengolaborasi keandalan Battery EV dan Hybrid EV yang menghasikan fleksibilitas tinggi saat bermobilitas,” kata Henry.

Toyota Prius PHEV dipajang dengan kekuatan utama pada efisiensi BBM yang lebih tinggi berkat kapasitas baterai lebih besar yang bisa memanfaatkan external charging. 

Ditampilkannya model Plug-in Hybrid EV tidak lepas dari kian bertumbuhnya Toyota xEV Ecosystem dalam bentuk charging spot di 115 lokasi strategis, di mana 111 titik di antaranya berada di dealer resmi Toyota, 2 titik di mal besar Jakarta, dan 2 titik di Rest Area Jalan Tol Trans Jawa, yang akan terus bertambah seiring meningkatnya popularitas BEV dan PHEV Toyota.

Selain penambahan fasilitas pendukung mobilitas yang membuat pelanggan worry free, PHEV secara khusus memiliki berbagai keandalan yang memperkuat value-nya bagi pelanggan yang ingin menjalani gaya hidup ramah lingkungan.

Pertama tentunya terkait kemampuan mengisi ulang baterai via external charger untuk meningkatkan daya tempuh EV Mode sebagai solusi mobilitas di dalam kota.

Berikutnya, PHEV juga memiliki kemampuan self charging untuk menjaga mobilitas di wilayah yang masih belum terjangkau charging spot. 

Termasuk pula memiliki efisiensi bahan bakar superior berkat hybrid engine dengan siklus Atkinson, dan emisi jauh lebih rendah ketimbang mobil konvensional.

 

 

Fleksibilitas yang sangat tinggi ini membuat pelanggan PHEV Toyota bebas dari range anxiety ketika mobilitas di berbagai lokasi, baik dalam kota maupun antar kota.

Sejak 2009, PT TAM telah meluncurkan lebih dari 27 model kendaraan elektrifikasi (xEV) Toyota dan Lexus, baik itu Hybrid EV, Plug-In Hybrid EV, dan Battery EV. 

Pada tahun 2023, pasar xEV Indonesia menembus angka 71.500 unit secara Wholesales, di mana Hybrid EV menguasai 76%, sedangkan Battery EV menyumbang 24%.

Sekarang penjualan xEV Toyota sangat positif. Di Semester 1 2024, Toyota masih memimpin perolehan penjualan kendaraan elektrifikasi sebanyak 15.017 unit secara Whole Sales dan menguasai 40% pangsa pasar elektrifikasi nasional, dengan model HEV sebagai kontributor terbesar.