Pertanyaan Wawancara Kerja di Google yang Bikin Pusing

pada 7 tahun lalu - by


Di antara inovasi yang dilakukan Google, ada hal membekas yang menjadi ciri khasperusahaanteknologiitu. Salah satunya, pertanyaan rumit yang harus dijawab calonkaryawanGooglesetinggi apa pun levelnya.

Pertanyaan rumit itu di antaranya “Berapa banyak bola golf bisa dimasukkan ke dalam bus sekolah?” atau “Mengapa penutup lubang bulat?”

Bagi yang gagal menjawab pertanyaan itu akan menyisakan ketidaknyamanan. Ironisnya petinggiperusahaanjuga mengalami kesulitan ketika menjawab pertanyaan itu.

Salah satu contohnya adalah kasus mantanCEOGoogleEric Schmidt. Saat ini Schmidt menjabat sebagaiCEOperusahaaninduk, Alphabet.

Baca Juga:

Ketika AkunCEOTwitterJack DorseyDiblokir

Berbicara di Summit at Sea, awalbulanini, Schmidt mengungkapkan dirinya juga menghadapi pertanyaan rumit saatwawancarakerja. Konferensi ini dihadiripengusahakelas atas, entertainer dan lain-lain selama empat hari pelayaran dari Miami ke Bahama

“Anda seorang kapten kapal bajaklautdan Anda menemukanemasrampasan. Awak kapal Anda menanyakan bagaimanaemasitu dibagi. Jika kurang dari setengah anggota perompak setuju dengan Anda, Anda mati. Bagaimana Anda merekomendasikan pembagianemasitu sehingga Anda mendapatkan bagian yang menguntungkan tetapi masih bertahan hidup?”

Setelah mengalami kebingungan beberapa saat lamanya, Schmidt seperti dilaporkan Quartz seperti dilansir Independent meminta pertanyaan diulang. Ia mengakui itu adalah “pertanyaan yang benar-benar buruk”. Apa jawaban Schmidt?

“Jika lebih dari setengah senang, saya bertahan hidup. Saya mengusulkan kami akan memberikan 49persendarisahambajaklautkeperusahaaninternetdan 51persenuntuk mendapatkan emas,” jawabnya.

Ketika petinggiGoogleberpikir pertanyaan itu “buruk”, sedikit mengherankanperusahaanitu baru meninggalkannya tahun lalu. Pertanyaan-pertanyaan itu dinilai membuang waktu dan tidak jarang justru menyingkirkan kandidat yang cocok untuk posisi pekerjaan tertentu.

Berita Terkait:
Pajak Google Rp5,5 Triliun, Pemerintah Tak Mau Negosiasi Lama
Duh! Kantor Facebook dan Google Terancam Tenggelam
Google Maps Hilangkan Palestina, Netizen ‘Mengamuk’
Google Maps akan Tahu Status Lokasi Parkir di Tempat Tujuan
Mau Nonton YouTube Nggak Pakai Iklan? Ini Caranya