Pesan Jokowi di HUT ke-73 RI: Singkirkan Perbedaan Politik dan SARA

pada 6 tahun lalu - by

Presiden Joko Widodo mengucapkan selamat Hari Ulang Tahun Kemerdekaan ke-73 RI kepada seluruh rakyat Indonesia lewat akun Instagramnya. Dalam unggahannya, Jokowi juga mengimbau masyarakat agar mau mengingat kembali semangat persatuan yang telah dilakukan oleh para pendiri dan pejuang bangsa saat memperjuangkan kemerdekaan.

"Kita merayakan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan ke-73 Republik Indonesia hari ini, seraya mengingat kembali semangat persatuan Indonesia yang telah dibuktikan oleh para pendiri, perintis, dan pejuang bangsa," tulis Jokowi pada Jumat (17/8). 

Ia menambahkan bahwa para pejuang kemerdekaan saat itu saling bersatu dan menyingkirkan berbagai perbedaan politik, suku, agama, dan golongan demi mewujudkan kemerdekaan Indonesia.

"Saat itu, mereka (pejuang) menyingkirkan perbedaan politik, suku, agama atau golongan demi mewujudkan Indonesia Merdeka," tulis Jokowi. 

Jokowi menambahkan bahwa lewat persatuan para pejuang menemukan energi besar untuk mengerahkan seluruh tenaga, pikiran, dan keringat untuk mewujudkan Indonesia merdeka. "Dalam persatuan Indonesia itulah, para pejuang kemerdekaan menemukan solidaritas, kepedulian, dan juga semangat berbagi antarsesama anak bangsa."

Jokowi juga berujar jika bangsa Indonesia tetap bersatu, Indonesia bukan lagi hanya sekadar nama atau sederetan pulau-pulau yang ada di peta dunia, melainkan sebuah kekuatan yang disegani oleh dunia.

"Jika bangsa Indonesia tetap bersatu, berbagi, dan peduli pada sesama anak bangsa, maka Indonesia bukan lagi hanya sekadar nama, atau gambar sederetan pulau di peta dunia, melainkan Indonesia maju, yang menjadi sebuah kekuatan yang disegani oleh bangsa-bangsa lain di dunia," tutup Jokowi.