Banten menggelar acara Pesona Ramadhan sekaligus memperkenalkan merek Pesona Indonesia. Dinas Pariwisata Provinsi Banten, Asosiasi Industri Kreatif dan Pelaku Usaha (ASIPA), dan Kemenpar bersinergi dalam satuevent.
Sambil memperkenalkan beragam destinasi, produk-produk unggulan Banten, juga sebagai ajangbrandingPesona Indonesia. Plt Asisten Deputi Strategi Pemasaran Pariwisata Indonesia Nusantara Kemenpar RI Hariyanto menjelaskan,brandingPesona Indonesia merupakan bentuk komitmen untuk mempromosikan pariwisata secara menyeluruh. Termasuk Banten yang memiliki potensi Pariwisata, dan punya satu kawasan yang sudah dijadikan destinasi prioritas, Tanjung Lesung.
"Strategi promosi Kemenpar adalahBranding, Advertising, Selling,atau disingkat BAS.Brandinguntuk pemasaran nusantara adalah Pesona Indonesia, danbranduntuk mancanegara menggunakan Wonderful Indonesia," kata Hariyanto.
Hal itu dia sampaikan mewaliki Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Nusantara, Esthy Reko Astuty, dalam acara Rangkaian Pesona Ramadhan Banten Sosialisasi Branding Pesona Indonesia di Halaman Masjid Raya Al-Bantani, Curug, KP3B, Kota Serang (13/6). Menurut Hariyanto, Kemenpar berkewajiban mensosialisasikan merek Pesona Indonesia dan Wonderful Indonesia kepada masyarakat, agar memudahkan dalam berpromosi.
Menurut Menteri Pariwisata Arief Yahyabrandingadalah janji produk, kepada pelanggan. Jika janji itu ditepati, menurutnya akan menjadi reputasi.
“Kalau kita sudahmembranding,itu sama dengan menjanjikan kepada wisatawan, jika mereka ke destinasi yang kitabranding,mereka akan mendapatkan sensasi yang sama dengan dia tangkap dari janjinya dalam promosi. Atraksi kita memang sudah hebat, tinggaldibranding,maka akan menjadi reputasi yangber-impactjangka panjang,” ujar Arief Yahya.
Hariyanto menambahkan,brandingitu dia sosialisasikan melalui komunitas Generasi Pesona Indonesia (Genpi ) Indonesia. Termasuk GenPIBanten yang sudah terbentuk, media, pelaku usaha pariwisata, pemerintah dan semua yang tergerak untuk mengangkat dunia wisata.
Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Banten Eneng Nurcahyati mengatakan, Banten memiliki banyak destinasi wisata. Diantaranya wisata bahari, ekowisata, wisata minat khusus, ekowisata, industri dan lainnya. Banten memiliki tujuhwondersyang menjadi perekat atau magnet bagi wisatawan.
"Kemenpar sangat giat mempromosikan Indonesia sebagai destinasi terbaik dunia, denganbrandingPesona Indonesia dan Wonderful Indonesia. Banten akan ikut mewujudkan program Kemenpar itu untuk mengeksplorasi kekayaan wisata Indonesia," ujar Eneng.
Wanita berparas cantik itu menambahkan,brandingitu merupakan komitmen, loyalitas, dan komunikasi wisata kepada masyarakat. Rangkaian Pesona Ramadan Banten yang digelar Dinas Pariwisata Provinsi Banten, Asipa Banten itu menampilkan produk dan ekonomi kreatif seluruh kabupaten dan kota se-Banten. Aktivitasnya, dengan acara lomba kreasi, demo masak bebek dariIndonesia Chef Association(ICA), lomba desain batik daerah dan kreasi lomba lainnya yang mengangkat nilai wisata Banten.