Posisi 3 Global, Xiaomi Kapalkan 49,4 Juta Unit Smartphone di Q1 2021
Uzone.id- Xiaomi mengklaim jika bisnis smartphone-nya menunjukkan pertumbuhan yang cukup signifikan pada kuartal pertama tahun ini. Pendapatannya naik sebesar 69,8 persen dengan pengapalan 49,4 juta unit smartphone di kuartal tersebut.
Perusahaan riset Canalys menyebutkan Xiaomi mempertahankan posisi tiga besar dunia dalam hal pengapalan dengan menguasai 14,1 persen pangsa pasar. Portofolio produk premium juga memastikan pertumbuhan pesat Xiaomi di segmen premium. Dalam kuartal pertama 2021, pengapalan smartphone dengan harga jual diatas 3.000 renminbi di China atau setara 300 euro di pasar internasional telah mencapai 4 juta unit.
Sebagai tambahan, berdasarkan data dari pihak ketiga, pangsa pasar Xiaomi untuk smartphone dengan harga di antara 4.000-6.000 renminbi di China naik menjadi 16,1 persen dibandingkan 5,5 persen pada kuartal pertama tahun 2020.
Baca juga:Laris di Eropa, Segini Pendapatan Xiaomi
Pendapatan dari segmen produk IoT dan gaya hidup menunjukkan performa yang menggembirakan pada Q1 2021 dengan pendapatan yang naik sebesar 40,5 persen YoY menjadi 18,2 miliar renminbi.
Pengapalan TV pintar dari Xiaomi ke pasar global mencapai 2,6 juta unit. All View Cloud (AVC) menyebut pengapalan TV menempati peringkat pertama di China untuk sembilan kuartal berturut-turut dan bertahan di posisi lima besar global. Informasi menarik yang patut disebutkan, produk TV dengan layar besar juga makin diterima oleh pasar. Menurut AVC, TV pintar dengan ukuran layar 70 inchi ke atas dari Xiaomi menguasai pasar China dengan pangsa pasar 29 persen sementara volume penjualan meningkat 160 persen YoY.
Produk IoT dan gaya hidup juga makin diminati oleh pasar internasional dengan pendapatan dari pasar internasional yang tumbuh sebesar 81,1 persen YoY berkat sejumlah produk seperti skuter elektrik, penjernih udara, Mi Box, dan produk lainnya.
Baca juga: Xiaomi Rilis Mi Pad 5 di Paruh Kedua 2021
Terhitung sejak tanggal 31 Maret 2021, jumlah perangkat IoT yang terhubung ke platform AIoT milik Xiaomi (kecuali smartphone dan laptop) mencapai 351,1 juta unit. Jumlah pengguna yang menghubungkan lima atau lebih perangkat sekaligus ke platform AIoT (kecuali smartphone dan laptop) mencapai 6,8 juta pengguna atau tumbuh 48,9 persen YoY.
Selain smartphone dan IoT, Xiaomi pun memiliki bisnis layanan periklanan. Lini bisnis layanan internet menunjukkan pertumbuhan yang mapan dengan pendapatan sebesar 6,6 miliar renminbi atau naik 11,4 persen YoY. Pendapatan dari iklan mencatatkan prestasi dengan pertumbuhan 46,3 persen YoY menjadi 3,9 miliar renminbi.
Pengguna global dari layanan Xiaomi terus bertambah. Pada bulan Maret 2021, pengguna aktif bulanan (MAU) dari MIUI meningkat 26,8 persen YoY menjadi 425,3 juta sementara MAU dari China naik menjadi 118,6 juta atau naik 6,4 persen YoY.