Prediksi Mobil Baru Meluncur 2024 di RI, Dominan Mobil Listrik?

pada 4 bulan lalu - by

Uzone.id-Tren mobil listrik yang terus menggaung di Tanah Air apakah akan makin menjadi di tahun 2024 ini? Pastinya bakal bikin penasaran kanmobil-mobil baruapa aja yang bakal meluncur sepanjang tahun 2024?

Serbuanpabrikan Chinasepertinya bakal semakin agresif di tahun 2024 ini. Sejumlah merek yang tahun lalu masih malu-malu kucing, diprediksi tahun ini akan mulai menampakkan taringnya untuk ikutan bersaing.

 

 

Kita tau bagaimana sejumlah merek seperti Chery, NETA, MG, juga BYD yang berkomitmen untuk memulai produksi lokalnya tahun ini, membuat persaingan dijamin bakal makin sengit.

Lalu bagaimana parapabrikan Jepangyang seolah sudah terlalu lama melelap untuk segera bangkit dan balik melawan serbuan pabrikan China di Tanah Air.

Nah, dari sejumlah penelusuran kami akan coba membagikan prediksi mobil-mobil baru yang akan diluncurkan tahun 2024. Apa saja? Simak terus!

OMODA E5

Ini adalah sebuah SUV listrik. Bahkan sudah diperkenalkan dan hanya tinggal menunggu waktu resmi peluncurannya yang diprediksi akan terjadi saat gelaran IIMS 2024 pada Februari mendatang.

Cherybelum membeberkan harga jualnya, namun bocorannya SUV listrik ini akan berada diantara Wuling BinguoEV dan Hyundai Ioniq 5, dengan rentang harga sekitar Rp400-600 jutaan.

Chery Tiggo 8 Pro Max

Ini merupakan pengembangan dari Tiggo 8 Pro yang sudah dipasarkan di Tanah Air sejak tahun 2022 lalu. Sesuai namanya, bakal ada sejumlah peningkatan dari sisi spesifikasi dan fitur agar membuatnya punya nilai lebih.

Chery sudah lama mempersiapkan kedatangan Tiggo 8 Pro Max ini dan akan diposisikan sebagaiflagshipSUV bermesin konvensional dan atau hybrid.

Jaecoo 7

Ini juga sebuah SUV dari Chery, yang merupakan sub brand pabrikan China bermarkas di Wuhu tersebut.Jaecoolebih mengarah ke SUV yang lebih macho dengan gaya desain serba mengkotak.

Akan sangat seru ketika nanti mengetahui positioning dan harga jualnya, karena jelas Jaecoo akan berhimpitan dengan Chery Tiggo 7 yang sudah ada lebih dulu.

Mitsubishi Minicab MiEV

MitsubishiMinicabMiEV adalah mobil listrik murni yang rencananya meluncur di Indonesia pada awal 2024. Bahkan, jenama berlogo tiga berlian ini akan langsung merakitnya secara lokal di pabrik Mitsubishi Cikarang, Bekasi.

Minicab MiEV bakal menyasar sektor mobil listrik niaga, khususnya untuk keperluan logistik. Mitsubishi membuka peluang mengekspor Minicab MiEV rakitan Indonesia ke berbagai negara.

Mitsubishi Xpander Hybrid

BerdasarkanroadmapMitsubishi, Xpander hybrid sudah dijadwalkan untuk meluncur di tahun 2024. Meski begitu, belum jelas lokasi peluncuran perdananya, apakah di Indonesia atau negara lain.

Namun, melihat sepak terjangXpandersebelumnya, besar kemungkinan Indonesia akan menjadi negara pertama atau setidaknya, sudah dipastikan kalau Indonesia juga akan kebagian Xpander hybrid ini.

Kalau benar tahun 2024 ini Mitsubishi meluncurkan Xpander hybrid, maka ini adalah sebuah kejutan menarik dan siapa tau jadi menghidupkan lagi tren MPV tapi sudah bermesin hybrid.

Toyota Hilux Rangga

Thailand sudah lebih dulu mencicipi mobil konsep yang mengajak kita bernostalgia ke era kejayaan Toyota di segmen mobil komersial.

Toyota akan menamakan HiluxRanggauntuk pasar Indonesia dan menawarkan sejumlah fleksibilitas utilitas pada mobil ini, sehingga bisa diandalakan untuk berbagai kebutuhan bisnis.

Toyota Prius Hybrid

Toyota Prius hybrid generasi kelima, yang menjalani debut global pada akhir 2022, sudah terkonfirmasi hadir di Indonesia pada 2024.PriusPHEV, di sisi lain, masih dalam pembicaraan.

Belum diketahui, pada bulan apa tepatnya All New Prius hybrid mengaspal di sini. Bicara elektrifikasi, merek Toyota kini sudah menjual Kijang Innova Zenix hybrid, Alphard hybrid, Corolla Cross hybrid, Yaris Cross hybrid, Rav4 PHEV, Bz4X BEV, Corolla Altis hybrid, Camry hybrid.

Suzuki Jimny 5 Pintu

Suzuki juga sudah santer dirumorkan sedang bersiap untuk menghadirkan varian baru dari SUV ikoniknya, Jimny. Namun kali ini berupaJimny5 pintu yang didatangkan langsung dari India.

Penampakannya sudah sering beredar di jalanan dan diharapkan dalam waktu dekat sudah bisa menyapa pasar otomotif Indonesia.

BYD Seal dan Atto 3

BYD sudah bersiap untuk menggempur pasar mobil Indonesia dengan dua andalan mobil listriknya, yang diprediksi akan diwakili oleh BYD Seal dan BYD Atto 3. Keduanya berbeda segmen yang ditujukan untuk menujukkan kemampuanBYDdalam menawarkan sebuah mobil listrik.

BYD Seal sendiri merupakan sedan sport listrik yang bakal menarik minat kalangan tertentu. Mobil ini diprediksi bukan untuk mendulang cuan BYD di Indonesia, tapi hanya diposisikan sebagaiflagship.

Sementara BYD Atto 3 akan lebih menarik karena berjenis kompak SUV. Atto 3 bisa bersaing sengit dengan sesama China seperti OMODA E5 dan akan menambah banyak pilihan mobil-mobil listrik berjenis SUV.

Wuling Cloud EV

Wuling juga akan terus menggempur pasar otomotif nasional dengan mobil-mobil listrik. Mengetahui banyak pabrikan China lain yang sudah mulai memasarkan mobil listrik, Wuling sebagai pionir tentu tak mau disalip.

karenanya, setelah akhir tahun ada BinguoEV, sebentar lagi akan munculCloudEV, yang punya dimensi dan tampilan sedikit di atas BinguoEV.

Seres E3

Seres, merek mobil listrik murni dariDFSK, tahun ini sudah ‘melepas’ Seres E1 yang harganya mulai Rp100 jutaan saja. Pada 2024, petinggi DFSK sudah membeberkan rencana meluncurkan Seres E3.

Mobil listrik berbentuk compact SUV ini paling cepat mengaspal pada kuartal kedua 2024. Sayang, DFSK belum mau memberikan sedikit pun petunjuk mengenai harga Seres E3 kelak.

MG ZS EV

MG ZS EV dijanjikan meluncur pada awal 2024, dengan perkiraan harga sekitar Rp500 juta. Pemesan resminya sudah duluan dibuka dalam GIIAS 2023, Agustus lalu.

Mobil listrik murni ini bakal menjadi model rakitan lokal pertama MG alias Morris Garage di Indonesia. PabrikMGsendiri merupakan perluasan dari pabrik Wuling di Cikarang, Bekasi. Maklum, keduanya sama-sama di bawah panji SAIC Motor Group China.

Neta U

Neta U terkonfirmasi mengaspal di Indonesia pada 2024. Estimasi waktu peluncuran calon mobil listrik murni rakitan Pondok Ungu, Bekasi ini adalah pada kuartal tiga, antara Juli hingga September.

Pemosisian Neta U nantinya berada di atasNetaV, compact SUV pertama Neta yang meluncur pada Oktober 2023 seharga Rp379 juta on the road (OTR) Jakarta. Tapi harga Rp379 juta milik Neta V sendiri berpotensi turun kalau sudah diproduksi lokal di Pondok Ungu mulai kuartal kedua 2024.

Maxus Mifa 9

Maxus merupakan brand mobil yang sangat asing di telinga konsumen Indonesia, karena baru saja memperkenalkan diri dalam GIIAS 2023, Agustus kemarin. Merek asal China ini berencana meluncurkan mobil listrikMaxusMifa 9 pada 2024.

Mifa 9 merupakan mobil listrik murni berjenis multi purpose vehicle (MPV). Segmen yang diincarnya adalah premium, mengingat perkiraan harganya yang ada di kisaran Rp1,4 miliar OTR Jakarta.

VinFast e34, VF 5, VF 6, VF 7

VinFast, merek mobil asal Vietnam, memastikan diri mulai aktif di pasar Indonesia pada 2024. Mereka bahkan bersiap menggelontorkan investasi besar untuk mendirikan pabrik di sini pada 2025 atau 2026.

VinFast akan memulai ‘petualangan’ mereka dengan dua model mobil listrik murni yakni e34 dan VF 5. Dua model mereka selanjutnya adalahVinFastVF 6 plus VinFast VF 7.

Mazda MX-30

Mazda MX-30 sedang dipersiapkan untuk meluncur di pasar Indonesia pada 2024. Kendati begitu, Mazda belum dapat memastikan waktu peluncuran dari mobil listrik murni berjarak tempuh 209 km ini.

MX-30 sudah terlebih dahulu dipamerkan olehMazdapada Agustus kemarin dalam ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023 di Serpong, Tangerang. Crossover ini kemungkin besar akan menjadi mobil listrik murni pertama Mazda di Bumi Pertiwi.

BMW iX1

BMW membeberkan rencana peluncuran sebuah mobil listrik murni pada akhir 2023 atau awal 2024. Menurut mereka, model tersebut akan berharga lebih murah daripada tiga mobil listrik murniBMWyang kini eksis (iX, i4, i7) dengan rentang banderol antara Rp2-3 miliar.

Dugaannya, bisa jadi model yang dimaksud adalah versi listrik dari BMW X1 yakni BMW iX1. Apalagi, mobil ini sudah dijual di Malaysia dengan harga tak sampai Rp1 miliar.

 

 

Mercedes-Benz EQE SUV

Mobil listrikmurni Mercedes-Benz EQE SUV sudah ditegaskan siap mengaspal di Tanah Air pada 2024. Namun, waktu detail serta ancar-ancar harganya masih belum diberitahukan oleh Mercedes-Benz.

EQE akan melengkapi beragam lini produk Mercedes-Benz EQ yang sudah lebih dulu hadir di Indonesia sejak 2022. Ada Mercedes-Benz EQS, Mercedes-Benz EQE, Mercedes-Benz EQA, Mercedes-Benz EQB, Mercedes-Benz EQS SUV, serta Mercedes-Benz EQS Edition One.

Nissan Ariya

Nissan, sudah punya satu model mobil listrik murni yaitu Leaf untuk pasar Indonesia. Tapi, mereka telah membocorkan rencana memboyong satu model BEV baru lagi pada 2024.

Menurut salah satu eksekutif PT Indomobil Multi Trada Susilo, salah satu jaringan diler Nissan, mobil listrik itu berjenis SUV. Adapun namanya ialah Nissan Ariya.