Produk Makeup dan Skincare Makin Dicari di E-commerce Pasca Pandemi

pada 1 tahun lalu - by
Advertising
Advertising

Uzone.id— Indonesia resmi terlepas dari PPKM pandemi Covid-19 pada akhir 2022 lalu, semenjak itu aktivitas mulai kembali normal termasuk aktivitas di luar ruangan.

Walaupun pandemi sudah usai, aktivitas berbelanja online masih akan terus berlanjut. Setidaknya, 80 persen konsumen digital di Indonesia akan meningkat atau mempertahankan penggunaan layanan digital pada tahun 2023, termasuk belanja online.

Di tahun 2022 juga menunjukkan adanya pertumbuhan di industri kecantikan yang tumbuh mencapai 20,6 persen dibanding 2021 dan pertumbuhan ini didominasi oleh UMKM.

Sebagai e-commerce yang banyak diminati oleh pelaku usaha lokal, Tokopedia mencatat adanya pertumbuhan penjualan di industri kecantikan dan perawatan diri.

Azzahra Rahmani Ali selaku Category Strategic Partnership Senior Lead Tokopedia mengungkapkan penjualan produk Kecantikan dan Perawatan Diri di Tokopedia naik hampir 2 kali lipat sepanjang kuartal I 2023 dibandingkan kuartal I 2022 berkat inisiatif seperti Hyperlocal dan Dilayani Tokopedia.

Beberapa produk yang diincar masyarakat antara lain sampo, pembersih wajah, lipstik, bedak dan masker wajah.

Beberapa wilayah yang mengalami peningkatan penjualan produk makeup dan skin care antara lain Gianyar, Lombok Utara, Deiyai, Tual, Yahukimo yang meningkat sebanyak 2 sampai 3 kali lipat.

Penjual produk-produk di kategori yang sama juga meningkat sebanyak 3 hingga 4 kali lipat di beberapa kota, mulai dari Aceh Besar, Lombok Timur, Berau, Langkat, Kubu Raya dan Palopo.

Daerah-daerah tersebut berasal dari daerah luar Pulau Jawa, Tokopedia mengklaim berkat Inisiatif Hyperlocal, pembeli bisa mendapatkan berbagai produk kecantikan dan perawatan dari penjual setempat maupun luar pulau secara cepat dan efisien.

Produk-produk makeup dan skin care lokal di Tokopedia juga banyak mengalami peningkatan penjualan dan peminat. Jacquelle, sebuah merek make up lokal asli Indonesia juga mengandalkan fitur dan inisiatif Tokopedia untuk mempromosikan produk-produk mereka semenjak tahun 2016.

“Dengan memanfaatkan fitur tersebut, kami bisa menghadirkan informasi produk dengan lebih detail sehingga mempermudah pembeli dalam memilih produk. Melalui Tokopedia, kami bisa mendapatkan omzet bulanan hingga ratusan juta rupiah,” ujar Budi Thomas, Head of Marketing Jacquelle.

Kriwil Indonesia yang didirikan oleh Gracia Indriani juga mengalami peningkatan penjualan selama mempromosikan produk-produk perawatan rambut khusus  rambut keriting di Tokopedia.

Menurut Gracia, berkat inisiatif Tokopedia, produk mereka bisa menyentuh masyarakat seluruh Indonesia dan meningkatkan penjualan produk hingga 2 kali lipat selama periode pertama 2023.