Produsen Jok Recaro dan Pelek BBS Bangkrut, Merek Ikonik Dunia Modif!

pada 1 bulan lalu - by
Advertising
Advertising

Uzone.id-Di dunia modifikasi, siapa yang gak kenal merek jok Recaro? Atau bagaimana eksotisnya pelek BBS kalau terpasang di mobil apapun? Nah, berita buruknya, kedua merek ikonik dunia modifikasi tersebut menyatakan bangkrut.

Produsen pelek mobil BBS, mengajukan proses kebangkrutan di pengadilan lokal Rottweil, Jerman pada 26 Juli.

 

 

Sementara itu produsen jok Recaro juga mengumumkan telah melakukan hal yang sama di pengadilan lokal Esslingen pada 29 Juli.

Hal ini menjadi gambaran kondisi perekonomian global sudah menampar keras sektor otomotif hingga produsen bertumbangan, padahal kedua merek tersebut cukup kuat dan punya nama besar di pasaran.

BBS Automotive GmbH, yang berasal dari Jerman, adalah pemasok pelek mobil performa pada era 1980-an, 1990-an hingga 2000-an.

Merek ini punya riwayat balap, kredibilitas di kalangan aftermarket dan sering menjadi lambang ikonik modifikasi.

BBS saat ini dilanda masalah keuangan hingga gaji karyawan belum dibayar sejak Mei. Bangkrutnya BBS sebenarnya bukan pertama kali. Menurut catatan Auto Motor und Sport, BBS pernah mengajukan kepailitan pada 2007, 2011, 2020 dan 2023.

Setiap kali pailit BBS selalu selamat karena menemukan investor baru.

ISH Management Service, yang mengakuisisi BBS Automotive GmbH sebelum pengajuan kebangkrutan terbaru ini, mengatakan belum menyerah pada BBS.

"Kami tak akan pernah menyerah pada merek BBS, yang untuk kami adalah salah satu merek global terbesar dari Jerman," tulis pernyataan perusahaan itu.

BBS berdiri sejak 1970 dan namanya merupakan singkatan dari gabungan dua pendiri serta nama kota asal awal mereka, Baumgartner, Brand, Schiltach.

Selain produsen pelek BBS, produsen jok ikonik Recaro pun sudah lakma mengalami kesulitan finansial karena terpapar kenaikan harga ekstrem akibat krisis bertahun-tahun.

Recaro juga menyatakan hal ini disebabkan mereka kehilangan beberapa kontrak besar.

Pengajuan pailit ini hanya melibatkan Recaro Automotive. Grup Recaro punya unit bisnis selain otomotif seperti jok pesawat, gaming, bayi dan aplikasi spesial lainnya.

 

 

Bahkan Recaro Automotive bukan bagian dari Recaro Holding, perusahaan induk Recaro Group. Pemilik Recaro Automotive silih berganti seiring waktu seperti Adient pada 2016 dan kini Raven Acquisitions sejak 2020.

Sejarah Recaro dimulai sejak 1906, ketika Wilhelm Reutter memutuskan mulai mendesain dan membangun bodi mobil serta interiornya. Nama Recaro berasal dari gabungan kata 'Reutter' dan 'Carosserie'.