Puasa Waktunya Silaturahmi, Awas Bau Mulut

pada 7 tahun lalu - by

Bulan puasa, saatnya mengais pahala. Bila tidur saat puasa dianggap ibadah apalagi kegiatan yang lebih bermanfaat, misalnya seperti silaturahmi dan kegiatan sosial.

Silaturahmi tak hanya bernilai ibadah tetapi juga mendekatkan persaudaraan. Saling bertukar kabar sembari memberi hadiah sangat dianjurkan. Kegiatan silaturahmi di bulan Ramadan, salah satunya adalah buka puasa bersama.

Selain silaturahmi dengan kerabat, memberikan makanan dan santunan kepada kaum duafa dan anak yatim sangat dianjurkan. Rasulullah menyuruh kita menyantuni anak yatim dan menyayangi orang miskin.

Sayangnya, kegiatan silaturahmi agak terganggu saat kita mengalami bau mulut tak sedap. Aroma menyengat saat membuka mulut membuat orang lain enggan berdekatan. Sebaliknya, si empunya mulut tak sedap juga kehilangan kepercayaan diri.

Bau mulut disebabkan karena dehidrasi. Selama puasa, kita tidak makan dan minum sehingga saliva (air ludah) berkurang. Padahal, ludah berfungsi untuk membilas bakteri penyebab plak dan gigi berlubang.

Bakteri akan mengolah sisa makanan di rongga mulut dan menghasilkan asam dan gas sulfur. Lapisan asam bakteri ini dapat melapisi email gigi dan dapat merusak gigi. Gas sulfur yang dihasilkan bakteri juga menimbulkan  gas tak sedap.

Agar silaturahmi tak terganggu dengan bau mulut, menggosok gigi menjadi cara efektif menjaga kesehatan rongga mulut. Hanya saja perlu diingat, pilihlah pasta gigi yang tidak mengandung detergen.

Alih-alih menyegarkan mulut, pasta gigi berdetergen malah membuat berkurangnya air liur. Akibat rongga mulut yang kekeringan itu tentu saja adalah bau tak sedap.

Sahabat Dream, kamu sebaiknya menggunakan pasta gigi tanpa detergen seperti Enzim Fresh Mint. Meski tanpa detergen, pasta gigi enzim tetap menyegarkan setelah digunakan karena mengembalikan kuantitas dan fungsi alami saliva.

Di dalam Enzim Fresh Mint terdapat enzimamyloglucosidase, glucose oxidase, lactoperoxidaseyang bermanfaat untuk mengembalikan kualitas air ludah agar dapat mengontrol keseimbangan bakteri di dalam rongga mulut.

Lysozyme dan lactoferrinbermanfaat untuk menangkal bakteri pathogen yang menyebabkan penyakit. Sahabat Dream, Enzim Fresh Mint menyebabkan nafas segar, silaturahmi pun lancar, yuk coba!