Punya Mesin 250 cc, Suzuki V-Strom 250 SX Bisa Irit Bensin?

pada 4 bulan lalu - by

Uzone.id- Suzuki V-Strom 250 SX jadi senjata baru bagi pabrikan Jepang berlambang S untuk bermain di pasar motor penjelajah. Motor yang diperuntukkan untuk perjalanan jauh ini diluncurkan dengan harga Rp59,5 juta untuk on the road DKI Jakarta.

TimUzone.idmendapat kesempatan untuk mengulas motor penjelajah dari Suzuki itu untuk beberapa hari. Dalam ulasannya, konsumsi bahan bakar Suzuki V-Strom 250 SX menjadi salah satu yang menjadi perhatian.

Perlu diketahui, Suzuki V-Strom 250 SX dibekali mesin 250 cc, 1-silinder, SOHC, berpendingin oli alias Suzuki Oil Cooling System (SOCS). Dengan spesifikasi tersebut, motor ini mampu menghasilkan tenaga 26,1 dk dan torsi 22,6 Nm.

Mesin ini sangat mirip dengan Gixxer SF 250 yang diluncurkan beberapa tahun yang lalu.

Dengan konfigurasi mesin tersebut, bagaimana dengan konsumsi bahan bakar dari Suzuki V-Strom 250 SX?

Dari hasil pengetesan selama beberapa hari, tercatat konsumsi bahan bakar Suzuki V-Strom 250 SX mencapai 37,6 km/liter. Angka ini merupakan yang ditunjukan pada Multi Information Display (MID) dari panel meter V-Strom.

Pengetesan ini didapatkan lewat metode berkendara normal, artinya tidak digunakan untuk memacu akselerasi maupun irit-iritan. Bukaan throttle dilakukan secara linear dan menghindari penggunaan putaran mesin di atas 6.000 rpm dan kecepatan tidak melebihi 70 km/jam.

Selama pengetesan, Suzuki V-Strom 250 SX menggunakan bahan bakar dengan oktan 92 yang sudah sesuai dengan kebutuhan mesinnya. Selama pengetesan berlangsung, beragam kondisi jalan yang dilalui cukup beragam, mulai dari macet, hujan, jalan menanjak, hingga kondisi lalu lintas lancar.

Jika ditarik kesimpulan, catatan konsumsi bahan bakar dari Suzuki V-Strom 250 SX terbilang cukup irit. Mengingat kubikasi dari motor ini cukup besar, meskipun konfigurasinya hanya 1-silinder.

Bahkan angka tersebut terbilang lebih irit dibandingkan skuter Eropa dengan mesin 150 cc.